TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?

TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?

TikTok Shop di Buka Kembali dengan Menggandeng Tokopedia sebagai Mitranya (Foto: pemuka-rakyat.com)


PEMUKA RAKYAT - 
Rumor TikTok Shop akan dibuka kembali, kini telah terjawab. Pada tanggal 11 Desember 2023, kreator TikTok telah mendapat e-mail resmi terkait dibukanya kembali TikTok Shop.

Kabar tersebut nampaknya memberikan kebahagiaan bagi para seller dan afiliator. Tentunya, juga ditunggu-tunggu oleh pelangaan setia TikTok Shop.

Berdasarkan e-mail resmi dari TikTok, kreator diberi informasi terkait jadwal TikTok Shop mulai beroperasi, namun masih dalam periode uji coba dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait

Jadwal pertama yaitu tanggal 11 Desember 2023, mulai jam 09.00 WIB kreator sudah bisa mengakses dan mengelola produk di etalase serta creator center.

Baca juga: Negara Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia Simak Daftarnya

Jadwal kedua yaitu tanggal 12 Desember 2023, hari yang ditunggu-tunggu pelanggan TikTok Shop. Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), pelanggan sudah bisa belanja di TikTok Shop melalui Shop Tab, Video pendek, serta sesi live TikTok.

Kembalinya TikTok Shop saat ini apakah tetap sama dengan TikTok Shop yang dulu atau berbeda? Berikut merupakan pembahasan terkait perbedaan Tiktok Shop saat diumumkan dibuka kembali.

Kerjasama antara Tiktok dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

 TikTok Shop sebelumnya berdiri sendiri. Kini TikTok kembali membuka TikTop Shop, namun dengan membentuk usaha patungan atau joint venture bersama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo)

Kemitraan yang baru terjalin ini, bisnis TikTok Shop dan Tokopedia akan berkolaborasi di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

Baca juga: Simak Daftar Aplikasi Live Shopping Terlaris di ASEAN

TikTok akan menginvestasikan dana di PT Tokopedia sebesar US$1,5 miliar. Investasi tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Melalui kesepakatan yang telah mereka buat, TikTok dan GoTo dapat memberikan manfaat yang lebih bayak bagi pengguna dan pelaku UMKM.

Kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia dapat memperluas jangkauan penjual yang nantinya dapat meningkatkan penjualan dan visibilitas pasar seluruh penjual.

Beli Lokal Campaign (Kampanye beli lokal)

Dibukanya kembali TikTok Shop yang melakukan kerjasama dengan Tokopedia ini memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Kampanye beli lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, yang lebih diutamakan dan difokuskan pada produk asal Indonesia. Promosi tersebut dilakukan melalui aplikasi TikTok dan Tokopedia.

Adanya kampanye beli lokal ini memungkinkan pengguna TikTok akan belanja dan berinteraksi dengan produk lokal kesukaan mereka.

Baca juga: Top 5 Perusahaan Properti di Indonesia

Sempat diprotes oleh banyak pelaku UMKM karena dinilai merugikan. Kehadiran TikTok Shop yang menggandeng Tokopedia akan memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM dengan memanfaatkan plaform e-commers dan mendorong terciptanya lapangan kerja baru dalam lima tahun ke depan.

Sekitar 90% merchant dalam penggabungan dua bisnis tersebut merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut juga akan mendapat dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo.

Telah memenuhi perizinan

TikTok Shop yang sempat ditutup 2 bulan lalu, tepatnya pada 4 Oktober 2023 disebabkan oleh kendala perizinan

TikTok Shop sebelumnya tidak memiliki izin berdagang bagi e-commers. Dan hanya mengantongi izin dari Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing (KP3A).

Peraturan Pemerintah yang diterbitkan pada 26 September 2023, social commerce yang ada di Indonesia, seperti TikTok, Instagram, dan Facebook tidak diperkenankan melakukan jual beli di platform mereka masing-masing. Platform tersebut hanya diperbolehkan untuk memfasilitasi promosi barang dan jasa yang dijual pedagang.

Kerjasama yang terjalin dengan Tokopedia, TikTok Shop telah memenuhi syarat untuk kembali beroperasi di Indonesia.

Tokopedia yang merupakan markeplace lokal ini akan memfasilitasi dan mengelola layanan belanja di TikTok Shop. Sedangakan fitur di TikTok Shop sendiri akan menyediakan produk baik melalui Shop Tab, Video pendek, serta sesi live TikTok.

Demikian, ulasan perbedaan TikTok Shop yang dulu dan sekarang yang dapat dipaparkan oleh Tim Pemuka Rakyat.***

Penulis: Yantika Nur Cahyati
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?
TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?
TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqNU4M8_enQHCamhAmBUk-JRTZu0JGqhWVX0esm5f8yVorsehUGtmdSBWnb3ts7-VbUahM2MrzM5eeS1l-Qr27qZudoXSMth5LVYevqdoXh2Ci-xAB2qSg-w1_0tBMKm8Q7typNMudRXMvGTRdzp1h6Vtt9rKWWKGw6ArkRCu_uCZMFg5GASeHPY39GxuC/s16000/TikTok%20Shop%20Dibuka%20Kembali,%20Apa%20yang%20Berbeda.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqNU4M8_enQHCamhAmBUk-JRTZu0JGqhWVX0esm5f8yVorsehUGtmdSBWnb3ts7-VbUahM2MrzM5eeS1l-Qr27qZudoXSMth5LVYevqdoXh2Ci-xAB2qSg-w1_0tBMKm8Q7typNMudRXMvGTRdzp1h6Vtt9rKWWKGw6ArkRCu_uCZMFg5GASeHPY39GxuC/s72-c/TikTok%20Shop%20Dibuka%20Kembali,%20Apa%20yang%20Berbeda.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/tiktok-shop-dibuka-kembali-apa-yang.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/tiktok-shop-dibuka-kembali-apa-yang.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten