Yuk, Kenali Fitur Terbaru Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru

Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru
Android Studio Iguana (Foto; Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Android Studio merupakan alat yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android. 

Alat pengembangan ini dilengkapi dengan fitur komprehensif untuk membuat, menguji, melakukan debug, dan menerapkan aplikasi Android secara efisien.

Secara keseluruhan, Android Studio berfungsi sebagai lingkungan pengembangan utama bagi pengembang aplikasi Android.

Mereka menyediakan segalanya yang dibutuhkan seseorang untuk membuat aplikasi yang kaya fitur dan memiliki performa tinggi untuk berbagai jenis perangkat Android.

Pada Desember 2023 yang lalu, Android Studio memperkenalkan versi terbaru dari fitur mereka yang dinamakan Android Studio Iguana 2023.2.1.

Baca Juga: Wuling Binguo EV Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau

Sebelumnya, Android Studio diketahui juga merilis versi terbaru mereka pada pertengahan tahun 2023 yang dinamakan Hedgehog.

Tidak lama setelah perilisan Hedgehog, mereka segera merilis Iguana di akhir tahun.

Versi terbaru dari Iguana menawarkan sejumlah fitur dan peningkatan baru untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas kode sebuah aplikasi Android.

Lantas, apa saja kelebihan dari Android Studio Iguana dibandingkan versi sebelumnya? 

Yuk, simak artikel berikut untuk mengenal fitur terbaru dari Android Studio Iguana yang dirangkum oleh Tim Pemuka Rakyat berikut ini.

Baca Juga: Xiaomi 12T 5G telah Rilis, Simak Spesifikasi dan Harganya

Penyempurnaan Debugging

Salah satu fitur inovatif dalam Android Studio Iguana adalah integrasi alur kerja kontrol yang lebih mulus di dalam App Quality Insights. 

Fitur ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dalam menganalisis kinerja aplikasi.

Fitur ini juga berpotensi mengubah cara pengembang menangani tahap debugging.

Android Studio Iguana meningkatkan integrasi antara Crashlytics dan App Quality Insights dengan memungkinkan navigasi langsung dari kumpulan jejak Crashlytics ke kode yang relevan.

Hal ini bertujuan untuk memeriksa kerusakan atau error dalam Crashlytics dengan mengelompokkannya berdasarkan kemiripan jejak kumpulan yang sesuai.

Baca Juga: Daftar Sosmed Hits Zaman 2000-an

Dengan langkah yang terstruktur ini, Crashlytics dapat melengkapi laporan kerusakan dengan informasi commit git yang akurat.

Selain itu, langkah ini juga memungkinkan pengembang dengan cepat mengakses bagian kode yang menjadi penyebab masalah dalam riwayat git mereka.

Penyempurnaan Desain

Untuk membantu para pengembang membangun pengguna (UI) yang adaptif dan dapat diakses di Jetpack Compose, Iguana memperkenalkan mode Pemeriksaan UI baru dalam Compose Preview.

Fitur ini berfungsi mirip dengan integrasi pemeriksaan linting dan aksesibilitas visual untuk tampilan.

Dengan mengaktifkan mode pemeriksaan UI Compose, Anda secara otomatis dapat melakukan audit pada UI Compose dan memeriksa masalah adaptif dan aksesibilitas di berbagai ukuran layar. 

Baca Juga: Mengapa Indonesia Belum Miliki Official Apple Store

Hal ini mencakup teks yang melebar di layar besar atau kontras warna yang rendah.

Sementara itu, Compose Review dalam Android Studio Iguana kini menerapkan rendering progresif yang memungkinkan Anda mengulangi desain Anda dengan waktu loading yang lebih singkat. 

Fitur ini secara otomatis menurunkan detail pratinjau di luar tampilan untuk meningkatkan kinerja.

Artinya, Anda dapat menelusuri tata letak yang paling kompleks tanpa lag.

Pembaruan Platform Intellij

Android Studio Iguana juga merilis platform IntelliJ 2023.2.

Baca Juga: Daftar Negara Pengguna MiChat Terbanyak di Dunia

Platform ini memiliki banyak fitur baru seperti dukungan untuk GitLab, pencarian teks di Searching Everywhere, pembaruan penggantian warna untuk pengguna baru (UI), dan sejumlah perbaikan baru lainnya.

Mendukung Katalog Versi Gradle

Manajemen dependensi menjadi lebih sederhana berkat dukungan baru yang diperbarui untuk Katalog Versi Gradle berbasis TOML di Android Studio Iguana.

Adapun keuntungan yang bisa Anda dapat dari Katalog Versi Gradle ini salah satunya adalah menyimpan semua dependensi proyek Anda terorganisir dalam satu file.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah melakukan pengeditan dan pembaruan.

Apabila Anda memiliki proyek yang sudah ada, pertimbangkan untuk beralih ke Android Studio Iguana agar dapat memanfaatkan fitur yang efektif ini.

Baca Juga: Apa itu Twitter Blue? Simak Kegunaan hingga Fitur Lengkapnya

Nah, inilah beberapa pembaruan fitur dari Android Studio Iguana. Bagaimana menurutmu?***

Penulis: Salma Fathia
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Yuk, Kenali Fitur Terbaru Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru
Yuk, Kenali Fitur Terbaru Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru
Fitur Terbaru Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_KY2DILJnLGmvjPt_a0AYxi5iqVjaTY3cXQQr24C_aKI3hLUGld5sySZlTaqpo23na75utYOJWGaT8Akf6xMJdk0lCv566eDFUF4R0XloVhTVa_8Wr6YHjCtpP0zWLqryVZjQITc6RM1FDxsKOJq5uKg8heu2-MBlRc5OCIcGx01RCCYHbHM7-2ej9NkR/s16000/Yuk,%20Kenali%20Fitur%20Terbaru%20Android%20Studio%20Iguana!%20Salah%20Satunya%20Ada%20Mode%20UI%20Check%20Baru.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_KY2DILJnLGmvjPt_a0AYxi5iqVjaTY3cXQQr24C_aKI3hLUGld5sySZlTaqpo23na75utYOJWGaT8Akf6xMJdk0lCv566eDFUF4R0XloVhTVa_8Wr6YHjCtpP0zWLqryVZjQITc6RM1FDxsKOJq5uKg8heu2-MBlRc5OCIcGx01RCCYHbHM7-2ej9NkR/s72-c/Yuk,%20Kenali%20Fitur%20Terbaru%20Android%20Studio%20Iguana!%20Salah%20Satunya%20Ada%20Mode%20UI%20Check%20Baru.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/yuk-kenali-fitur-terbaru-android-studio.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/yuk-kenali-fitur-terbaru-android-studio.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten