Mengenal Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan yang Viral hingga Diangkat Menjadi Sebuah Film: Lokasi, Penghuni dan Misteri

Kota saranjana
Ilustrasi Kota Ghaib Saranjana Kalimantan Selatan (Foto: pemuka-rakyat.com) 

PEMUKA RAKYAT - 
Berikut beberapa fakta mengenai Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan yang viral hingga diangkat menjadi sebuah film.

Belakangan Saranjana tengah hangat diperbincangkan karena kisah misterinya yang diyakini oleh warga setempat. 

Diketahui bahwa Saranjana merupakan kota yang dipenuhi dengan bangunan megah namun tak kasat mata. Sehingga banyak yang penasaran dengan kota gaib tersebut. 

Kota tersebut semakin diketahui oleh banyak orang setelah diangkat menjadi sebuah film layar lebar dan pertama kali tayang pada Oktober 2023 lalu. 

Banyak yang semakin penasaran dan mencari tahu tentang Kota Saranjana. Maka dari itu, berikut tim Pemuka Rakyat telah merangkum fakta-faktanya mulai dari lokasi, penghuni hingga misterinya. 

Baca juga: Tembus 1 Juta Penonton: Profil Para Pemeran Utama Dalam Film Saranjana Kota Ghaib

Lokasi 

Diketahui lokasi Kota Saranjana berada di Kabupaten Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan. 

Kotabaru terletak di bagian luar Kalimantan Selatan dan berbatasan langsung dengan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Dan berada di sebuah pulau yang terpisah dengan Pulau Kalimantan, Pulau Laut. 

Konon, orang yang pertama kali menghuni pulau tersebut yaitu keluarga La Ode yang berasal dari Sulawesi

Beberapa lokasi di Kotabaru yang diyakini sebagai lokasi berdirinya Kota Saranjana yaitu Teluk Tamiang, Pulau Laut dan Desa Oka-oka. 

Teluk Tamiang merupakan sebuah teluk yang juga berada di  Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru. Kalimantan Selatan.

Baca juga: Profil dan Biodata Adinda Azani Pemeran Film Saranjana Kota Ghaib: Usia, Pendidikan, Pasangan dan Perjalanan Karir

 Sedangkan Desa Oka-oka merupakan sebuah desa di Kotabaru yang terkenal dengan penghuninya yang meyakini keberadaan Kota Saranjana dan beberapa diantaranya pernah mengalami hla mistis. 

Jika melihat dari sisi administratif, keberadaan Saranjana tercatat dalam peta kuno (Belanda) . 

Berdasarkan penelitia yang dilakukan oleh Mansyur, Sejarawan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Kota Saranjana memang ada dan pernah tercatat dalam peta yang ditulis oleh Salomon Muller tahun 1845, berjudul Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende  tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo yang artinya Peta wilaah pesisir dan pedalaman Borneo. 

Pada peta tersebut terlihat sebuah wilayah bernama Tandjong Serandjana yang terletak di sebelah selatan Pulau Laut dan berbatasan dengan Pulau Kroempoetan (Pulau Kerumputan) dan Pulau Kidjang.

Baca juga: Profil Betari Ayu Pemeran Fitriah di Film Saranjana: Kota Ghaib

Sumber lainnya yang juga menuliskan Kota Sarajana yaitu kamus karya Pieter Johannes Veth di Amsterdam pada tahun 1869. di kamus tersebut tertulis kalimat yang memiliki arti “Sarandjana, tanjung di sisi selatan Pulau Laut, yang merupakan pulau yang terletak di bagian tenggara Kalimantan. 

Di sisi lain, masyarakat Kalimantan meyakini bahwa seluruh tempat yang ada di Kotabaru dapat menjadi pintu menuju ke Kota Gaib, Saranjana bagi mereka yang diizinkan atau bahkan diambil oleh penghuni Saranjana. 

Penghuni

Dari informasi yang beredar luas, Saranjana dihuni oleh orang-orang yang memiliki wujud sama dengan manusia pada umumnya. Hanya saja perbedaanya mereka tak kasat mata dan hanya bisa dilihat oleh beberapa orang yang diyakini sebagai juru kunci. 

Kota tak kasat mata tersebut dipenuhi dengan bangunan-bangunan megah dan teknologi super canggih yang berbeda jauh dengan kondisi Kotabaru di dunia nyata. 

Baca juga: Profil dan Biodata Prilly Latuconsina Pemain Film Budi Pekerti: Usia, Pendidikan, Pacar, Medsos, Perjalanan Karir

Misteri 

Beberapa hal mistis yang pernah dialami oleh warga setempat diantaranya yiatu: mendengar suara hiruk pikuk perkotaan di malam hari, kedatangan sejumlah kendaraan dan alat berat tanpa pengirim yang jelas hingga beberapa orang dikabarkan hilang karena diculik oleh penghuni kota gaib tersebut. 

Beberapa warga setempat mengaku pernah mendengar suara berisik di malam hari seperti lalu lalang kendaraan di kota besar, sedangkan nyatanya Kotabaru hanyalah sebuah pedesaan yang jauh dari kota. 

Pada tahun 80-an Kotabaru juga pernah kedatangan sejumlah kendaraan dan alat berat tanpa diketahui siapa yang memesan ataupun yang mengirimnya. Dan membuat warga setempat menjadi heran dan bertanya-tanya. 

Cerita yang juga beredar luas yaitu hilangnya warga setempat dan tidak ditemukan keberadaannya meski sudah dicari ke setiap sudut desa. Mereka meyakini bahwa orang yang hilang tersebut diculik oleh penghuni Kota Saranjana.

Itulah dia ulasan tentang Kota Saranjana,  kota gaib yang berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan.***

Penulis: Oktavia Nurdianti
Editor: Zumrotun N. 

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Mengenal Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan yang Viral hingga Diangkat Menjadi Sebuah Film: Lokasi, Penghuni dan Misteri
Mengenal Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan yang Viral hingga Diangkat Menjadi Sebuah Film: Lokasi, Penghuni dan Misteri
Mengenal Kota Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan yang Viral hingga Diangkat Menjadi Sebuah Film: Lokasi, Penghuni dan Misteri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2glpubxFFb9LRsfZr8CjwRWQJ5y9f94Ep_aie0Y0o3m6TYUSoprH2fzhnnMbqcJs-YLov3GyZRcsDvBCshJ3oncoeAhepVc_7tTESdihxnMcjd4p2h1KliH30ylVYgHvtKFiCXNUoF4yZW_1NigCnZ9ORP2ONkfRSMMu1zeIhLMPmv-YBY3CZfl7rKTnr/s16000/Mengenal%20Kota%20Saranjana,%20Kota%20Gaib%20di%20Kalimantan%20yang%20Viral%20hingga%20Diangkat%20Menjadi%20Sebuah%20Film%20Lokasi,%20Penghuni%20dan%20Misteri.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2glpubxFFb9LRsfZr8CjwRWQJ5y9f94Ep_aie0Y0o3m6TYUSoprH2fzhnnMbqcJs-YLov3GyZRcsDvBCshJ3oncoeAhepVc_7tTESdihxnMcjd4p2h1KliH30ylVYgHvtKFiCXNUoF4yZW_1NigCnZ9ORP2ONkfRSMMu1zeIhLMPmv-YBY3CZfl7rKTnr/s72-c/Mengenal%20Kota%20Saranjana,%20Kota%20Gaib%20di%20Kalimantan%20yang%20Viral%20hingga%20Diangkat%20Menjadi%20Sebuah%20Film%20Lokasi,%20Penghuni%20dan%20Misteri.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/mengenal-kota-saranjana-kota-gaib-di.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/mengenal-kota-saranjana-kota-gaib-di.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten