5 Mainan Jadul yang Terdapat Konsep Fisika

Mainan Jadul yang Terdapat Konsep Fisika
Mainan Jadul yang Terdapat Konsep Fisika (Pixabay)

PEMUKA RAKYAT -
Berbagai macam permainan jaman dulu kini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak generasi sekarang, karena mereka lebih mengenal gadget dari pada bersosialisasi bersama teman sebayanya.

Permaianan jaman dulu sendiri sangatlah beragam. Namun, terdapat beberapa mainan yang sarat akan konsep fisiska. Terdapat salah satu mainan yang trending dan kembali dimainkan lagi oleh generasi sekarang. 

Berikut Tim Pemuka Rakyat merangkum 5 mainan jadul yang terdapat konsep fisika:

Kapal Otok-Otok

Mainan tersebut terbuat dari logam ringan yang dibentuk seperti kapal. Namun, bagian yang terpenting ada pada pipa udara yang tersambung ke lempeng almunium. Kemudian dipanaskan dengan api yang ada di dalamnya.

Panas pada lempeng tersebut akan mengalir ke pipa sehingga menyebabkan aliran konveksi pada air yang berada di dalam pipa. Sehingga, akibat perbedaan massa kenis aliran tersebut mendorong kapal untuk bergerak maju.

Baca Juga: Aksi Kocak Ridwan Kamil dan Presiden Jokowi Bermain Nok-Nok atau Latto

Bola Melayang

Mainan ini terbuat dari selang plastik, ring bola, dan bola plastik ringan yang ditiup seperti meniup balon. Jika tiupan aliran udara konstan dan sesuai dengan berat bola, maka kondisi Prinsip Bernoulli akan berlaku.

Cara mainya yaitu dengan cara dittiup maka bola akan berputar-putar dan melayang diudara selama aliran udara berhembus.

Panggal Gasing

Mainan tersebut terbuat dari kayu pohon yang dibentuk sendiri seperti bawang, yang dibawahnya terdapat paku atau baut dan tali untuk memutarnya.

Dalam memainkan permainan tersebut dibutuhkan ketangkasan dan terkandung konsep gerak rotasi, keseimbangan benda tegar, dan pusat massa. bagi orang yang memahami konsep ini, akan memodifikasi panggalnya supaya lebih lama berputar di tanah.

Latto-Latto

Mainan yang satu ini sudah ada sejak jaman dulu. Namun, sekarang kembali dimainkan lagi oleh anak-anak generasi milenial, tidak hanya anak kecil orang dewasapun ikut memainkanya. Mainan ini terbuat dari bola plastik yang padat keras dan diikat oleh tali.

Baca Juga: Tips Menjaga Anak Tetap Aman di Dunia Maya Ala UNICEF

Konsep penting dari mainan latto-latto sendiri yaitu kekekalan momentum dan tegangan tali. Karena, tegangan tali yang maksimal akan memudahkan gerakan permainan tersebut menjadi stabil.

Yoyo

Mainan ini terbuat dari kayu yang berbentuk bulat dengan sebuah rongga dan porosnya yang diikat erat oleh seutas benang. konsep fisika yang ada pada yoyo berasal dari dua sumber, yaitu gaya gravitasi melalui lemparan dan laso yang memungkinkan mainan tersebut berotasi.

Saat dimainkan, kedua energi potensial itu berubah menjadi energi kinetik. Ketika yoyo dilempar kebawah akan menimbulkan gaya gravitasi dan pada saat yang sama tali memberi energi putar. 

Pada saat berada diujung benang energi putar belum habis maka yoyo akan terus berotasi dalam keadaan diam.

Demikian 5 mainan jaman dulu yang terdapat konsep fisika.

Penulis: Fredi A.
Editor: Zumrotun. 

Bagikan :

Nama

Biografi,943,Ekonomi,55,Entertainment,314,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,265,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: 5 Mainan Jadul yang Terdapat Konsep Fisika
5 Mainan Jadul yang Terdapat Konsep Fisika
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz5c9hAZKSRbKEeJQqbWmJ6flBA1v3aMlXqegiM0KW4LhxYNnh7F2Bp8-Ylcc3K2h3RfhIabwl5QKrPKywHMJYDbU9BEvHE5f7PcxbKwjolWlPYoDSvt6gw7phLQE_6LZs0Ccg2qzAfIsanpTkTa5yn_0bKnMXaWozpRL5NV4D3CvqAqXh5GK5pXlVRA/s16000/mainan%20jadul.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz5c9hAZKSRbKEeJQqbWmJ6flBA1v3aMlXqegiM0KW4LhxYNnh7F2Bp8-Ylcc3K2h3RfhIabwl5QKrPKywHMJYDbU9BEvHE5f7PcxbKwjolWlPYoDSvt6gw7phLQE_6LZs0Ccg2qzAfIsanpTkTa5yn_0bKnMXaWozpRL5NV4D3CvqAqXh5GK5pXlVRA/s72-c/mainan%20jadul.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/01/5-mainan-jadul-yang-terdapat-konsep.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/01/5-mainan-jadul-yang-terdapat-konsep.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten