Ayat Ayat Peringatan Allah Kepada Pelaku Riba Lengkap dengan Terjemahannya

Larangan Riba
Ayat Ayat Peringatan Allah kepada Pelaku Riba Lengkap dengan Terjemahannya (Foto: Pemuka Rakyat)

PEMUKA RAKYAT
- Riba merupakan salah satu perbuatan yang larangan dalam ajaran agama Islam khususnya dalam aktivitas hutang piutang. Beberapa ayat Al-Quran secara tegas menyebut larangan Allah untuk melakukan praktek riba dalam kehidupan sosial masyarakat. Berikut peringatan Allah SWT lengkap dengan terjemahannya.

Ayat-ayat Peringatan Allah kepada Pelaku Riba banyak dijumpai dalam Al-Quran. Secara bahasa Riba berasal dari bahasa arab yang berarti az-ziyadah (tambahan), an-Numuw (berkembang), al-‘uluw (membesar) dan al-irtifa’ (meningkat). Secara istilah dapat diartikan sebagai tambahan khusus yang diberlakukan oleh pihak pemberi utang kepada pihak penerima utang atau yang akrab disebut bunga hutang.

Peringatan Allah swt untuk tidak mempraktekan riba dalam kehidupan sosial masyarakat bukan tanpa sebab. Dalam aplikasinya tambahan yang diwajibkan sangat tidak adil karena kelebihan itu membuat pemberi utang dapat bertindak semena-mena kepada penerima utang. Bahkan praktek riba dalam membuat penerima utang semakin teraniaya oleh beban yang dilebihkan itu.

Ajaran Islam memandang utang sebagai aktivitas tolong menolong antara satu orang dengan orang lain. Utang bukan aktivitas ekonomi yang bertujuan memperkaya diri melainkan aktivitas sosial, sehingga mengambil untuk dari utang adalah perbuatan yang keras di larang.

Baca juga: Tata Cara dan Niat Sholat Dhuha

Abu Abdirrahman Ali Khumais Ubaid dalam karyanya yang bertajuk Hidup bahagia tanpa riba membuat memo penting untuk para pelaku riba. Berikut Tim Pemuka Rakyat merangkum peringatan Allah kepada pelaku Riba lengkap dengan terjemahannya.

1. Pemakan Riba Ada di Antara Setan dan Neraka

Allah swt berfirman,

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran tekanan penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang  yang sampai kepadanya larangan dari Rabbnya, lalu terus berhenti dari mengambil riba, maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan) dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi mengambil riba, maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.” (Qs. Al-Baqarah: 275).

Allah SWT telah menjadikan pelaku riba tidak dapat berdiri pada hari kiamat kecuali berdirinya orang yang kesurupan setan lantaran tekanan penyakit gila, yakni ia seperti orang kesurupan. Ini salah satu hukuman bagi mereka merupakan kehinaan dan keburukan yang sangat jelas. Lalu Allah SWT menegaskan dengan jelas keharaman riba dalam firman-Nya,

وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا

Artinya: “Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Selanjutnya Allah mengancam orang-orang yang tidak mau bertaubat dari riba setelah Allah mengharamkannya dengan ancaman api neraka sebagaimana firman-Nya.

 فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Artinya: “Orang-orang  yang sampai kepadanya larangan dari Rabbnya, lalu terus berhenti dari mengambil riba, maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan) dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi mengambil riba, maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

2. Harta Riba Terhalang dari Berkah

Allah swt berfirman,

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan selalu berbuat dosa.” (Qs. Al-Baqarah:276).

Baca juga: Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Artinya

Ayat ini merupakan peringatan dari Allah bahwasannya Dia tidak memberikan berkah pada harta Riba dan akan menghapuskannya, dalam arti Allah akan membinasakannya dan benarlah apa yang difirmankan Allah dalam Quran.

وَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ رِّبًا لِّيَرْبُوَا۠ فِيْٓ اَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُوْا عِنْدَ اللّٰهِ ۚوَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ زَكٰوةٍ تُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُضْعِفُوْنَ

Artinya: “Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah.” (Qs. Ar-Rum:39)

Dan ini semua demi Allah dapat kita saksikan sendiri pada hari ini, berapa banyak perusahaan dan bank, baik yang berskala internasional ataupun daerah yang bangkrut karena sebab riba, berapa banyak keluarga yang bernantakan karena sebab riba, berapa banyak wanita dan pria yang masuk penjara karena sebab riba. Sesungguhnya itu adalah hukum Allah maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran, namun sebagian yang lain Allah biarkan dan mereka bersenang-senang di dunia sampai akhirnya nanti Allah mengazabnya di akhirat jika mereka tidak mau bertaubat.

3. Allah SWT Mengumandangkan Perang kepada para Pelaku Riba

Allah swt berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَذَرُوْا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبٰوٓا اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا فَأْذَنُوْا بِحَرْبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖۚ وَاِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوْسُ اَمْوَالِكُمْۚ لَا تَظْلِمُوْنَ وَلَا تُظْلَمُوْنَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya.” (Qs. Al-Baqarah:278-279).

Ayat ayat ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya dan janji yang sangat keras kepada para praktisi rib, Allah telah memberitahukan bahwa jika mereka tidak mau bertaubat, “Maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu.” Maksudnya adalah tunggulah peperangan dari Allah dan Rasul-Nya kepada kalian semua, maka siapakah yang mampu untuk berperang menghadapi Allah dan Rasul-Nya, kita memohon kepada Allah keselamatan dan penjagaan. Pemuka tafsir Abdullah Ibnu Abbas ra berkata tentang ayat ini, “Akan dikatakan pada hari kiamat nanti kepada para pemakan riba, “Ambillah senjatamu untuk berperang.” Dan bersumber dari beliau juga bahwasannya beliau berkata, “barang siapa yang bertahan terus dengan riba dan tidak mau berhenti atau tidak meninggalkannya maka merupakan hak imam kaum muslimin untuk memintanya bertaubat, jika mau berhenti maka itulah yang diharapkan, dan jika tidak mau maka boleh dihukum mati.” Disebutkan juga ucapan semisal ini bersumber dari Al Hasan (al-Bashri) dan Ibnu Sirin. (Silahkan dirujuk dalam tafsir Ibnu Katsir jilid 1).

4. Allah SWT mengancam para pelaku Riba dengan Perjumpaan yang pasti dengan-Nya.

Allah swt berfirman, 

وَاتَّقُوْا يَوْمًا تُرْجَعُوْنَ فِيْهِ اِلَى اللّٰهِ ۗثُمَّ تُوَفّٰى كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Artinya: “Dan peliharalah dirimu dari (Azab yang terjadi pada) hari yang waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiayanh.” (Qs. Al-Baqarah:281)

Baca juga: Simak Daftar Manfaat Bersikap Jujur

Ayat ini merupakan peringatan dari Allah kepada para pelaku riba agar mereka takut nanti pada hari kiamat yang pada hari itu seluruh manusia kembali kepada Rabb mereka, lalu Allah menghisab (menimbang) mereka atas segala yang telah mereka lakukan. 

5. Allah SWT mengancam pelaku Riba dengan Api Neraka

Allah swt berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَأْكُلُوا الرِّبٰوٓا اَضْعَافًا مُّضٰعَفَةً ۖوَّاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَۚ

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْٓ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ۚ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapatkan keberuntungan. Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang kafir. Dan taatilah Allah dan Rasul, supaya kami diberi rahmat.” (Qs. Ali Imran: 130-131).

Demikian rangkuman peringatan Allah SWT kepada para pelaku riba lengkap dengan terjemahanya yang dirangkum Pemuka Rakyat.


Penulis: Nanang Ad
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,908,Ekonomi,55,Entertainment,301,Gaya Hidup,290,Headline,111,History & Culture,55,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,49,Nasional,471,Olahraga,257,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ㅤHeadline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Ayat Ayat Peringatan Allah Kepada Pelaku Riba Lengkap dengan Terjemahannya
Ayat Ayat Peringatan Allah Kepada Pelaku Riba Lengkap dengan Terjemahannya
Ayat larangan riba lengkap dengan terjemahanya. Secara bahasa Riba berasal dari bahasa arab yang berarti az-ziyadah, an-Numuw, al-irtifa’
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpNBTqg7Ym6cLFwI7LOKBY-Kfxw96TfxCdhhRaDRID23kFHSTinQNBKvOTB9BA28iKuexsGYFtGmqo1ZM_RirF365qDh-_ysrPFeKMXw0Pqw6n4-QEV5uvOjrMuxcy2Y9Ieq5b8jFf3H6NbzrlJiE9qJEedME7k4vjMbjRGDgyD3I9BVbm4ZS1f7d0/s16000/Ayat%20Ayat%20Peringatan%20Allah%20kepada%20Pelaku%20Riba%20Lengkap%20dengan%20Terjemahannya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpNBTqg7Ym6cLFwI7LOKBY-Kfxw96TfxCdhhRaDRID23kFHSTinQNBKvOTB9BA28iKuexsGYFtGmqo1ZM_RirF365qDh-_ysrPFeKMXw0Pqw6n4-QEV5uvOjrMuxcy2Y9Ieq5b8jFf3H6NbzrlJiE9qJEedME7k4vjMbjRGDgyD3I9BVbm4ZS1f7d0/s72-c/Ayat%20Ayat%20Peringatan%20Allah%20kepada%20Pelaku%20Riba%20Lengkap%20dengan%20Terjemahannya.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/02/ayat-ayat-peringatan-allah-kepada.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/02/ayat-ayat-peringatan-allah-kepada.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten