5 Fakta Bandara Dhoho Kediri: Lokasi, Rute, Biaya Pembangunan, Maskapai dan Jadwal Beroperasi

Bandara Internasional Dhoho Kediri Akan Segera Beroperasi Awal Tahun 2024
Bandara Internasional Dhoho Kediri Segera Beroperasi Awal Tahun 2024

PEMUKA RAKYAT - 
 Berikut lima fakta tentang Bandara Dhoho Kediri mulai dari lokasi, rute, biaya pembangunan, maskapai hingga jadwal berporeasinya. 

Didirikannya Bandara Internasional Dhoho Kediri memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di sekitarnya seperti masyarakat Blitar, Tulungagung dan Trenggalek. 

Mereka tak lagi harus jauh-jauh ke Bandara Juanda Surabaya jika ingin bepergian ke luar kota maupun luar negeri.

Kehadiran bandara Dhoho mendapat sambutan yang sangat excited dari masyarakat khususnya masyarakat Kediri karena diketahui tak lama lagi bandara tersebut akan beroperasi.

Untuk mengetahui lebih banyak  tentang Bandara Dhoho Kediri, berikut tim Pemuka Rakyat telah merangkum lima faktanya.

Baca juga: Badai Matahari Akhir Tahun 2023: Penyebab dan Cara Menanggapinya

Lokasi 

Bandara Dhoho berada di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Jika dilihat di peta, posisi bandara tersebut berada di arah barat laut dari Kota Kediri. 

Rute 

Untuk sampai di bandara yang baru dibangun tersebut, ada beberapa rute yang bisa dilewati. Salah satunya rute yang diambil dari Simpang Lima Gumul, Tugurejo, Kecamatan Ngasem

Dari sana belok kanan ke arah Kota Kediri. Setelah sampai di lampu merah Tugu Bola Dunia kembali belok kanan hingga menemui perempatan, kemudian belok kiri menuju komplek Gudang Garam. 

Saat keluar dari kawasan pabrik Gudang Garam terus lurus ke arah Jl. Sultan Iskandar Muda hingga menyebrangi Jembatan Semapir hingga terakhir menuju Jl. Jawa Bedrek Selatan Grogol Kediri. Terus lurus hingga nanti akan dijumpai Bandara Dhoho Kediri.

Baca juga: Ingin Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!

Biaya Pembangunan

Memakan biaya yang tak sedikit, bandara yang memiliki luas sekitar 317 hektar tersebut membutuhkan dana lebih dari Rp13 triliun. 

Diketahui dana tersebut berasal dari PT Gudang Garam Tbk yang disalurkan melalui PT Surya Dhoho Investama (SDHI) yang merupakan anak usaha PT Gudang Garam.

Perusahaan tersebut bekerjasama dengan Angkasa Pura Airports sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan  perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan  Usaha (KPBU) yang telah disepakati oleh PT SDHI dan juga Kementerian Perhubungan pada 7 September 2022 lalu. 

Perjanjian tersebut maka PT SDHI dan Angkasa Pura Airports resmi menjadi pengelola dan mengoperasikan bandara yang memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter tersebut.

Baca juga: Daftar Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2023

Landasan pacu yang fantastis tersebut, Bandara Dhoho diperkirakan akan siap melayani pesawat besar seperti Boeing 777-300ER. 

Maskapai 

Diketahui salah satu maskapai yang akan mengawali operasi di Bandara Dhoho Kediri yaitu Super Air Jet. PT Angkasa Pura I juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa maskapai Internasional.

Bandara tersebut dikabarkan juga akan melayani masyarakat yang akan menunaikan ibadah Umrah dan Haji.

Baca juga: 10 Daftar Negara dengan Armada Laut Paling Kuat di Dunia 2023

Jadwal Operasional 

Pengerjaan pembangunan yang telah mencapai 100 persen, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub telah melakukan kalibrasi di Bandara Dhoho Kediri sehingga bandara tersebut siap beroperasi di awal tahun 2024 mendatang.

Setelah nantinya beroperasi, bandara tersebut juga memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti hotel yang dibangun di sekitar bandara.

Dibalik megahnya Bandara Dhoho, ada fakta yang tak diketahui oleh orang banyak, yaitu PT Gudang Garam sempat terlibat masalah dengan warga setempat yang lahannya digunakan untuk mendirikan bandara tersebut.

Masalah tersebut terjadi lantaran ketidakcocokan harga yang dinilai warga setempat tidak sepadan dengan pengorbanan mereka yang harus kehilangan tempat tinggal sekaligus mata pencarian. Dimana PT Gudang Garam hanya membayar Rp1,2 juta per hektar, sedangkan masyarakat meminta dibayar Rp3 juta perhektarnya.

Di sisi lain, untuk menyambut beroperasinya Bandara Internasional Dhoho Kediri, Kota Blitar juga mempersiapkan diri dengan membuka angkutan umum yang antinya akan terhubung langsung dengan bandara tersebut.

Itulah dia ulasan lima fakta Bandara Dhoho Kediri yang akan segera beroperasi di awal tahun 2024.***

Penulis: Oktavia Nurdianti
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: 5 Fakta Bandara Dhoho Kediri: Lokasi, Rute, Biaya Pembangunan, Maskapai dan Jadwal Beroperasi
5 Fakta Bandara Dhoho Kediri: Lokasi, Rute, Biaya Pembangunan, Maskapai dan Jadwal Beroperasi
5 Fakta Bandara Dhoho Kediri: Lokasi, Rute, Biaya Pembangunan, Maskapai dan Jadwal Beroperasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkCjrc-NhtCF4BcS18H6HCbCmi1TkdK2YyG05A7Ea9R9v947ywsxx-vxwV-Clo-5Bb9hvxpJAFQgGdqYyND1cfxHLLV4TQ9-xNK2KsZ6VWdgzM52gf_FBzOk4vxaPxO_SDeLeC9Zh0-q1czJyzv4gaPmBp3at9YvkDYTP8zGMjY_QSEl3pK0YWd58OYG9x/s16000/5%20Fakta%20Bandara%20Dhoho%20Kediri%20Lokasi,%20Rute,%20Biaya%20Pembangunan,%20Maskapai%20dan%20Jadwal%20Beroperasi.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkCjrc-NhtCF4BcS18H6HCbCmi1TkdK2YyG05A7Ea9R9v947ywsxx-vxwV-Clo-5Bb9hvxpJAFQgGdqYyND1cfxHLLV4TQ9-xNK2KsZ6VWdgzM52gf_FBzOk4vxaPxO_SDeLeC9Zh0-q1czJyzv4gaPmBp3at9YvkDYTP8zGMjY_QSEl3pK0YWd58OYG9x/s72-c/5%20Fakta%20Bandara%20Dhoho%20Kediri%20Lokasi,%20Rute,%20Biaya%20Pembangunan,%20Maskapai%20dan%20Jadwal%20Beroperasi.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/5-fakta-bandara-dhoho-kediri-lokasi.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/5-fakta-bandara-dhoho-kediri-lokasi.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten