Ingin Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!

Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!
Simak Peluang Kerja di Pertambangan bagi Perempuan (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Jurusan pertambangan biasanya identik dengan Laki-laki, dan perempuan jarang dikatakan terjun secara langsung ke pekerjaan di sektor pertambangan.

Namun ternyata banyak terdapat posisi yang mampu diisi oleh perempuan perusahaan tambang tersebut. 

Memang pekerjaan di pertambangan dikenal sebagai pekerjaan yang melibat tenaga dan juga fisik yang kuat.

Lokasi dan waktu kerjanya pun terbilang sangat padat dan cukup keras jika harus dilakukan oleh perempuan. Tetapi, nyatanya sekarang hal itu tidak lagi menjadi acuan.

Saat ini hal tersebut sudah berubah pesat, dimana semakin banyak perempuan yang bekerja, dan mempelajari ilmu dalam pertambangan demi meniti karir di bidang tersebut.

Baca Juga: Aturan Baru Naik Kereta Api Libur Natal Tahun Baru 2023

Pertambangan itu sendiri ialah kegiatan yang dimulai dari penelitian, pengelolaan, pengusahaan mineral dan batu bara.

Yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan, pemurnian, pengangkutan, penjualan serta hal yang dilakukan saat paska tambang.

Berikut ini Tim Pemuka Rakyat merangkum peluang bagi Perempuan untuk bekerja di sektor pertambangan.

Pengawas Lapangan

Pekerjaan ini lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan secara langsung, dimana pengawas melakukan pemantauan serta evaluasi selama proses pekerjaan tersebut berlangsung.

Untuk menjadi seorang pengawas harus memiliki sertifikat khusus, dimana ada pelatihan dan tahap pengujian bagi yang mengikutinya.

Baca Juga: Daftar Penerima Pangkat Tituler di Indonesia

Pekerjaan ini cocok untuk perempuan yang dinilai memiliki tingkat ketelitian yang bagus serta lebih mudah berfokus pada suatu hal.

Teknisi Geologi

Pekerjaan ini dimulai dari kegiatan memperoleh data sumber daya alam untuk kebutuhan melaksanakan proses penambangan tersebut.

Sebelum melakukan kegiatan penambangan, pastinya perlu dimulai dengan penelitian terhadap situs tambang potensial itu sendiri.

Survei pada situasi lapangan, mengidentifikasi jenis tanah serta batuan dan beberapa lapisan juga ketebalan batubara atau mineral yang ada di sana.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Industri pertambangan adalah tempat bekerja yang sangat beresiko bagi para pekerjanya, nah itulah mengapa kita memerlukan departemen khusus yang mengurus seluruh hal berkaitan dengan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Baca Juga: UU PPSK Larang Anggota Partai Politik Jadi Calon Bos BI, OJK dan LPS

Spesialis K3 adalah hal yang paling penting dalam perusahaan pertambangan, karena jika mengabaikan aspek K3 bisa dituntut bahkan dicabut dalam perizinan operasi kegiatan tambang tersebut oleh pemerintah.

Analis Kontrol Kualitas

Prospek kerja di pertambangan bagi perempuan adalah hal luar biasa, dan bukanlah suatu yang tidak mungkin untuk diadakan.

Analisis control kualitas adalah salah satu divisi yang cocok untuk perempuan di pertambangan, dimana tugasnya menentukan bahan pokok, produk baru yang masuk serta nantinya di jual.

Perempuan memiliki tingkat ketelitian yang sangat bagus dibanding Laki-laki, serta kemampuan analisa tinggi hingga dapat berorientasi secara mendetail.

Nah karena itulah pekerjaan ini akan cocok jika dilakukan oleh Perempuan.

Baca Juga: Bulu Tangkis jadi Olahraga Favorit Para Selebritis! Yuk Intip Daftar Artis yang Jago Bulu Tangkis!

Perencanaan

Perencanaan di tambang yakni menjadi hal penting untuk keberlangsungan kegiatan pertambangan tersebut. Dimana tujuannya untuk membuat rencana produksi tambang dengan nilai yang tinggi.

Surveyor

Menjadi surveyor adalah tonggak khusus untuk kelanjutan usaha pertambangan, karena survey adalah kegiatan yang wajib dan sangat penting dalam persiapan untuk penambangan.

Mulai dari prospeksi sampai eksplorasi, kegiatan survey lah yang menjadi awal dari proses penambangan.

Melakukan pengukuran dengan hasil data-data tertentu dan diolah menjadi sebuah peta yang dapat menajdi petunjuk dari wilayah atau objek tertentu.

Itulah beberapa peluang kerja di sektor pertambangan bagi perempuan, yang mengatakan bahwa perempuan adalah sosok lemah dan tidak pantas bekerja di pertambangan. Itulah hal yang tidak benar ya Teman-teman.

Baca Juga: Cara Cek Penerima Bantuan BLT El Nino: Panduan Lengkap untuk Masyarakat

Buktinya ada Kampus-kampus yang memiliki jurusan pertambangan dihuni oleh banyak mahasiswa perempuannya, dan juga di perusahaan pertambangan itu sendiri pun memiliki banyak pekerja perempuan juga.

Jadi, semangat untuk Teman-teman pencari kerja dan memiliki impian bekerja di wilayah pertambangan. Semoga bermanfaat.***

Penulis: Azura Awindya P.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Ingin Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!
Ingin Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!
Ingin Bekerja di Pertambangan Bagi Kaum Perempuan? Sini Cek Peluangnya!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZYoA_h63n_VBsUfBO-tkN5sBm9xSW4LPv12qEpUwwOPvro8JsvA8B7Ov_SrpkX4kSwbc4tAQsV_UKr_IFzSb2hGtiYinxXfV85RXVAObYk1QqCGBJBMnlmIw7P66-kh1NyHHzzeSXmVst3o1MRRHrEAtwGs5QkMW7YUyVgVB4qkIWCLAQsHXYKV0Jt8My/s16000/Ingin%20Bekerja%20di%20Pertambangan%20Bagi%20Kaum%20Perempuan%20Sini%20Cek%20Peluangnya!.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZYoA_h63n_VBsUfBO-tkN5sBm9xSW4LPv12qEpUwwOPvro8JsvA8B7Ov_SrpkX4kSwbc4tAQsV_UKr_IFzSb2hGtiYinxXfV85RXVAObYk1QqCGBJBMnlmIw7P66-kh1NyHHzzeSXmVst3o1MRRHrEAtwGs5QkMW7YUyVgVB4qkIWCLAQsHXYKV0Jt8My/s72-c/Ingin%20Bekerja%20di%20Pertambangan%20Bagi%20Kaum%20Perempuan%20Sini%20Cek%20Peluangnya!.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/ingin-bekerja-di-pertambangan-bagi-kaum.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/ingin-bekerja-di-pertambangan-bagi-kaum.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten