Kembali Down! Layanan WhatsApp dan Instagram Milik Meta Mendapat Keluhan dari Pengguna

Layanan WhatsApp dan Instagram Milik Meta Mendapat Keluhan dari Pengguna
Keseringan Gangguan Layanan Meta Dapatkan Keluhan dari Pengguna (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Pada Kamis, April 2024 dini hari, sebagian besar pengguna media sosial Instagram dan aplikasi WhatsApp dilanda ketidaknyamanan karena kedua platform tersebut mengalami gangguan layanan.

Pantauan dari situs pendeteksi laman down, DownDetector, gangguan layanan Instagram dan WhatsApp terjadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Masalah yang terjadi pada layanan WhatsApp tidak hanya memengaruhi pengguna iPhone, tetapi juga pengguna Android, menunjukkan bahwa ini bukan hanya masalah pada satu jenis perangkat saja. 

Frustrasi dan kebingungan pun melanda mayoritas pengguna yang terkena dampak

Bagaimana tidak? WhatsApp bukan sekadar aplikasi biasa bagi mereka, melainkan menjadi salah satu alat komunikasi utama dalam keseharian untuk berhubungan dengan keluarga, teman, dan rekan kerja.

Baca Juga: Manfaat dan Tantangan Menggunakan Apple Vision Pro Pada Profesi Kesehatan, Teknologi dan Musik

Meskipun tim WhatsApp belum memberikan pernyataan resmi tentang sumber atau penyebab masalah ini, banyak teori yang bermunculan di kalangan pengguna. 

Ada yang berpendapat bahwa masalah tersebut mungkin disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak, sementara yang lain mencurigai adanya serangan siber atau masalah dengan server. 

Kehilangan akses ke layanan yang begitu penting bagi kehidupan sehari-hari ini menyebabkan para pengguna mencari jawaban atas penyebab gangguan tersebut, dan spekulasi mengenai penyebabnya pun bermunculan di berbagai platform media sosial.

Pengalaman ini menjadi lebih menarik ketika kita melihat bahwa gangguan tersebut tidak hanya terjadi di satu Negara saja, melainkan menyebar ke seluruh dunia. 

Banyak pengguna di berbagai Negara melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses kedua layanan milik Meta tersebut. 

Baca Juga: Fujifilm X100VI, Siap Menangkap Momen Estetik Beresolusi Tinggi: Spesifikasi dan Harga

Namun, di sisi lain, beberapa pengguna melaporkan bahwa layanan WhatsApp dan Instagram mereka tetap berjalan normal.

Di Indonesia, keluhan terhadap gangguan layanan tersebut juga terdengar. 

Tagar WhatsApp down mulai ramai digunakan di media sosial, disertai dengan meme dan unggahan yang mengungkapkan kekecewaan terhadap kejadian ini. 

Beberapa warganet bahkan menyindir WhatsApp dan Instagram karena dianggap terlalu sering mengalami gangguan layanan yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Salah satu meme yang menarik perhatian adalah gambar logo Instagram yang disandingkan dengan logo platform lain, seperti X alias Twitter, dengan pesan yang menyiratkan ketika Instagram down, pengguna berbondong-bondong beralih ke platform lain untuk mencari hiburan.

Baca Juga: Google Game Terpopuler: Dinosaurus Game dan Doodle Champion Island

Setelah pengumuman resmi dari perusahaan, WhatsApp akhirnya memberikan kabar baik kepada pengguna mereka. 

Sekitar tiga jam setelah unggahan pertama, sekitar pukul 5 pagi, WhatsApp menyatakan bahwa layanan mereka sudah dapat diakses kembali.

"Kami senang untuk memberitahu bahwa layanan WhatsApp kembali normal. Terima kasih atas kesabaran Anda," demikian bunyi pengumuman resmi dari WhatsApp.

Kabar tentang pemulihan layanan ini disambut baik oleh pengguna WhatsApp di seluruh dunia. 

Banyak yang menyatakan rasa lega dan mengucapkan terima kasih kepada tim WhatsApp atas upaya memperbaiki layanan secepat mungkin.

Baca Juga: Gemma: Inovasi AI Google yang Ringan dan Bertanggung Jawab

Namun, berbeda dengan WhatsApp yang sudah kembali normal, Instagram tampaknya menghadapi kendala yang lebih sulit untuk ditangani.

Berdasarkan laporan gangguan di situs Downdetector, terungkap bahwa gangguan pada layanan Instagram terjadi antara pukul 01.30 hingga 05.00 di Indonesia. 

Gangguan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya koneksi server, aplikasi, dan profil pengguna.

Selain itu, uji coba yang dilakukan oleh Antara sekitar pukul 05.00 menunjukkan bahwa meskipun gangguan berlangsung, akses ke laman feed (kabar berita) Instagram sedikit sulit diperbarui.

Pengalaman gangguan layanan ini sekali lagi mengingatkan kita akan pentingnya infrastruktur teknologi yang handal dan responsif. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Fitur Terbaru Android Studio Iguana! Salah Satunya Ada Mode UI Check Baru

Sebagai platform komunikasi yang digunakan oleh masyarakat global, gangguan layanan WhatsApp bukan hanya sekadar masalah teknis, tetapi juga dapat berdampak pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari. 

Dengan demikian, pemulihan layanan WhatsApp memberikan harapan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi terus meningkatkan infrastruktur mereka untuk menghadapi tantangan dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik di masa mendatang.

Demikian ulasan mengenai layanan WhatsApp dan Instagram milik Meta yang dirangkum oleh Tim Pemuka Rakyat.***

Penulis: Ema Zuriyana
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,920,Ekonomi,55,Entertainment,303,Gaya Hidup,290,Headline,111,History & Culture,55,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,49,Nasional,471,Olahraga,263,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Kembali Down! Layanan WhatsApp dan Instagram Milik Meta Mendapat Keluhan dari Pengguna
Kembali Down! Layanan WhatsApp dan Instagram Milik Meta Mendapat Keluhan dari Pengguna
Layanan WhatsApp dan Instagram Milik Meta Mendapat Keluhan dari Pengguna
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQ4AtpW2pvE21TXj61BoItWkS_S8zORkVX0n3id-xUpeB8eSYeJB81VlpXh8d2bhnfr-U0_zVZ8lMKXrhUedlf9jG-IiIMx5hWcfPiZjWexAhnsWNmeuwXc9hRRwLZF321dv3xe5xQC5JgiQrM2eNQmPf_kAvMOpql8ze8a2BPByDMPZi86KN7C5tCN7je/s16000/Kembali%20Down!%20Layanan%20WhatsApp%20dan%20Instagram%20Milik%20Meta%20Mendapat%20Keluhan%20dari%20Pengguna.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQ4AtpW2pvE21TXj61BoItWkS_S8zORkVX0n3id-xUpeB8eSYeJB81VlpXh8d2bhnfr-U0_zVZ8lMKXrhUedlf9jG-IiIMx5hWcfPiZjWexAhnsWNmeuwXc9hRRwLZF321dv3xe5xQC5JgiQrM2eNQmPf_kAvMOpql8ze8a2BPByDMPZi86KN7C5tCN7je/s72-c/Kembali%20Down!%20Layanan%20WhatsApp%20dan%20Instagram%20Milik%20Meta%20Mendapat%20Keluhan%20dari%20Pengguna.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/04/kembali-down-layanan-whatsapp-dan.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/04/kembali-down-layanan-whatsapp-dan.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten