8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat


8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat
Simak 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat (Instagram/@Lensamu)

PEMUKA RAKYAT - 
Pembayaran zakat wajib bagi setiap Muslim yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari secara memadai.

Umat ​​Islam yang tidak mampu membayar biaya perumahan tidak wajib membayar zakat, sebaliknya mereka wajib menerima zakat.

Siapakah Orang-Orang Yang Layak Dikenakan Zakat? Simak artikel 8 golongan yang berhak menerima zakat ini hingga akhir.

Berikut Tim Pemuka Rakyat merangkum dalam 8 golongan yang berhak menerima zakat.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Dhuha

Fakir 

Ialah orang-orang yang memiliki harta namun sangat sedikit. Orang-orang ini tak memiliki penghasilan sehingga jarang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik. 

Miskin

Di atas tas fakir, ada orang-orang yang disebut miskin. Mereka adalah orang-orang yang memiliki harta namun juga sangat sedikit. Penghasilannya sehari-hari hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu. 

Amil

Mereka adalah orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan. 

Mu'allaf

Orang yang  baru masuk Islam atau mu'allaf juga menjadi golongan yang berhak menerima zakat. Ini bertujuan agar orang-orang semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasulNya. 

Baca Juga: Simak Jadwal Ramadhan dan Idul Fitri 2023 Hingga 2034

Riqab / Memerdekakan Budak

Di zaman dahulu, banyak orang yang dijadikan budak oleh saudagar-saudagar kaya. Inilah, zakat digunakan untuk membayar atau menebus para budak agar mereka dimerdekakan. Orang-orang yang memerdekakan budak juga berhak menerima zakat.

Gharim (Orang yang Memiliki Hutang)

Gharim merupakan orang yang memiliki hutang. Orang yang memiliki hutang berhak menerima zakat. Namun, orang-orang yang berhutang untuk kepentingan maksiat seperti judi dan berhutang demi memulai bisnis lalu bangkrut, hak mereka untuk mendapat zakat akan gugur. 

Fi Sabilillah

Yang dimaksud dengan sabilillah adalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Misal, pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ada 4 Wajah yang Dipakai dalam Hidup 

Ibnu Sabil

Ibnu Sabil disebut juga sebagai musaffir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan. 

Demikian 8 golongan yang berhak menerima zakat.

Penulis: Nanang A.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,908,Ekonomi,55,Entertainment,301,Gaya Hidup,290,Headline,111,History & Culture,55,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,49,Nasional,471,Olahraga,257,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat
8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat
8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR_T85lLLP9Lrea2U4fUwSXV1NamTBv6a9CERPnpaSpnfOFIyPTM6lGBRzKl-M9NBLjw8Kuv3u5TzxyG9Ggkx6nY1XyRSHJItQ6anDRyiNd15OByZ5JO-KXbN4jSetqjNbLZBsQ4CLffQfSTekcUDOgIO5Y4tPIVhIx66Oq3sELs0z6C_peGHrHs2m/s16000/8%20Golongan%20yang%20Berhak%20Menerima%20Zakat.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgR_T85lLLP9Lrea2U4fUwSXV1NamTBv6a9CERPnpaSpnfOFIyPTM6lGBRzKl-M9NBLjw8Kuv3u5TzxyG9Ggkx6nY1XyRSHJItQ6anDRyiNd15OByZ5JO-KXbN4jSetqjNbLZBsQ4CLffQfSTekcUDOgIO5Y4tPIVhIx66Oq3sELs0z6C_peGHrHs2m/s72-c/8%20Golongan%20yang%20Berhak%20Menerima%20Zakat.jpeg
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2022/12/8-golongan-yang-berhak-menerima-zakat.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2022/12/8-golongan-yang-berhak-menerima-zakat.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten