Bintang Juga Mempunyai Hal Menarik dan Unik yang Jarang diketahui Banyak Orang, Berikut Faktanya!

Bintang
Fakta Menarik tentang Bintang yang Tak Banyak Diketahui (Foto: pemuka-rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT - 
 Bintang adalah objek yang ada dilangit dengan penuh keindahan cahaya benderang serta menjadi sesuatu yang juga sangat misterius.

Dalam ensiklopedia mengatakan bahwa bintang adalah benda-benda gas di angkasa yang energi internalnya dapat menghasilkan cahaya.

Menurut Geographic, bintang ialah benda langit besar yang menghasilkan cahaya dan panas dari reaksi fusi nuklir komponen utamanya yaitu hydrogen yang menjadi berubah menjadi helium.

Dibalik tampilannya yang begitu rupawan jika dilihat dari bumi, bintang juga menyimpan banyak hal menarik serta unik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Dikutip oleh Tim Pemuka Rakyat, berikut inilah fakta menarik serta unik dari bintang.

Baca juga: Fakta Kapal Pinisi: Sejarah Singkat, Arti Nama, Jenis, Proses Pembuatan hingga Karakteristik

Bintang Berdenyut dan Bergetar

Bintang memiliki sebuah energi yang sangat besar namun terkadang juga tidak stabil. Energi yang tidak stabil tersebut, menyebabkan bintang mengalami reaksi berdenyut dan getaran periodik.

Studi yang membahas mengenai getaran pada bintang, disebut sebagai Astroseismologi. Dimana pembelajaran itu dapat membantu para astronom untuk memahami struktur internal bintang dan perkiraan usia pada bintang tersebut.

Konstelasi Bintang

Konstelasi bintang atau sering disebut rasi bintang, adalah hubungan antara beberapa bintang yang membentuk sebuah konfigurasi khusus.

Sejauh ini kita dapat mengetahui bahwa rasi bintang yang resmi diakui oleh International Astronomical Union adalah sebanyak 88.

Baca juga: Lopi Sandeq, Perahu Layar Tercepat di Dunia 

Setiap rasi bintang yang ada memiliki legenda serta hal menarik di dalamnya, salah satunya adalah CassiopeiaYaitu sebuah rasi bintang di langit bagian utara, dengan formasi membentuk huruf W.

Rasi bintang Cassiopeia dapat dilihat di langit pada malam hari di penghujung musim gugur atau awal musim dingin, bagi teman-teman yang tinggal daerah subtropis.

Sinar Bintang dan Masa Lalu

Apa ya hubungan bintang dengan masa lalu? Emang ada hubungannya? Tentu ada donk teman-teman, nih simak!

Cahaya memiliki gerak dengan kecepatan yang super cepat mencapai 300 ribu kilometer/detik. Jadi ketika teman-teman melihat kearah bintang di malam hari, cahaya yang terlihat berasal dari masa lalu.

Karena perbedaan waktu di bumi dan luar angkasa, sangat jauh berbeda. Maka itu, nyatanya ketika kamu meliaht kearah langit, cahaya bintang tersebut berasal dari masa lalunya.

Baca juga: Simak 9 Patung Yesus Tertinggi di Indonesia dan Dunia

Bentuk Bintang

Dari gambaran bintang-bintang yang terlihat sejak kita masa kanak-kanak dahulu hingga gini, membentuk seperti segi lima. Iyakan?

Nyatanya, bentuk bintang bukanlah seperti itu teman-teman. Bintang itu hanya menggambarkan sinar dari sebuah cahaya, tetapi tidak bentuk asli dari bintang tersebut. Bentuk asli bintang adalah bulat.

Bintang Juga Hidup dan Juga Mati

Bintang memiliki umur yang dapat ditung mengunakan kecepatan putarannya atau disebut Gyrochronology. Jadi bintang itu terbentuk dari sekumpulan proses ilmiah dan sifatnya tidak abadi.

Dia bisa tetap hidup ataupun mati pada masanya, namun setelah mati, bintang juga akan tercipta kembali nantinya.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Kebaya, Benarkah Asli Indonesia

Bintang Paling Terang Serta Paling Jauh

Bintang yang paling terang adalah bintang Pistol di pusat galaksi, dengan energi yang mencapai 10 juta kali lebih banyak daripada matahari. Matahari sebenarnya juga adalah sebuah bintang, dengan kategori bintang yang relatif kecil.

Dan bintang paling jauh yang terdeteksi dari bumi kita, ialah dengan jarak 13 miliar tahun cahaya. Wah gak kebayang ya teman-teman seberapa jauhnya itu.

Untuk memutari planet bumi saja masih sudah terbilang sulit dan sangat jauh serta butuh waktu yang lama. Apalagi menempuh lokasi bintang terjauh yang sudah meliputi jarak dengan satuan cahaya.

Itulah beberapa fakta menarik serta unik dari bintang yang dapat menambah pengetahuan serta wawasan teman-teman semua. Semoga bermanfaat! ***

Penulis: Azura Awindya P.
Editor: Zumrotun N. 

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,265,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Bintang Juga Mempunyai Hal Menarik dan Unik yang Jarang diketahui Banyak Orang, Berikut Faktanya!
Bintang Juga Mempunyai Hal Menarik dan Unik yang Jarang diketahui Banyak Orang, Berikut Faktanya!
Bintang Juga Mempunyai Hal Menarik dan Unik yang Jarang diketahui Banyak Orang, Berikut Faktanya!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxbILEJEwCk5Sh54VnT8HDNpW2EeXdTRgK3tSntxo8OCOAHMH8wjCwFmf8p6iy_5wF4GMQVLCm12jljrekegx5sjhrwgca3_MoMSgC-fvDi-1QwiNtffEd6PcBWGaHlJD2V8e5TsoRiGpewDizMmI7uXgH99w6teemU6ffnnEycCeE5yPuozAtKVigJQrC/s16000/Bintang%20Juga%20Mempunyai%20Hal%20Menarik%20dan%20Unik%20yang%20Jarang%20diketahui%20Banyak%20Orang,%20Berikut%20Faktanya!.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxbILEJEwCk5Sh54VnT8HDNpW2EeXdTRgK3tSntxo8OCOAHMH8wjCwFmf8p6iy_5wF4GMQVLCm12jljrekegx5sjhrwgca3_MoMSgC-fvDi-1QwiNtffEd6PcBWGaHlJD2V8e5TsoRiGpewDizMmI7uXgH99w6teemU6ffnnEycCeE5yPuozAtKVigJQrC/s72-c/Bintang%20Juga%20Mempunyai%20Hal%20Menarik%20dan%20Unik%20yang%20Jarang%20diketahui%20Banyak%20Orang,%20Berikut%20Faktanya!.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/bintang-juga-mempunyai-hal-menarik-dan.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/bintang-juga-mempunyai-hal-menarik-dan.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten