Fakta Unik Tentang Universitas Andalas: Sejarah, Bangunan, Cuaca dan Pemandangan

Universitas Andalas: Sejarah, Bangunan, Cuaca dan Pemandangan
Unand, Universitas Tertua Ke 4 di Indonesia (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
 Berikut fakta unik yang dimiliki Universitas Andalas (Unand) mulai dari sejarah, bangunan, cuaca hingga pemandangannya. 

Universitas Andalas Baru-baru ini menjadi sorotan karena didatangi oleh Mahfud MD yang mengisi kuliah umum yang bertema “Mewujudkan Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat”.  

Sebagai unniverstas favorit khsusnya di Pulau Sumatera, Unand cukup eksis dan masuk ke dalam 10 besar Universitas Terbaik di Indonesia versi Kemendikbudristek. 

Tak hanya terkenal sebagai kampus unggul, Unand juga memiliki fakta unik yang tak banyak diketahui oleh banyak orang, yaitu memiliki cuacanya sendiri yang berbeda dengan lingkungan sekitar. 

Lantas apa sajakah fakta unik lainnya yang juga terdapat di Universits Andalas? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh Tim Pemuka Rakyat berikut!

Baca Juga: Daftar Jurusan dengan Mahasiswa DO Terbanyak

Sejarah Singkat

(Unand) merupakan universitas pertama di Pulau Sumatera yang sudah berdiri sejak abag ke-19. Meski mengalami berbagai rintangan dan hambatan di awal berdirinya, Unand berhasil diresmikan pada 13 September 1956 oleh Drs. Mohammad Hatta  yang pada saat itu merupakan wakil presiden. 

Pada saat itu, Unand menjadi universitas ke empat yang sudah menyandang status resmi dari pemerintah Indonesia.

Diketahui nama universitas tertua yang ada luar pulau Jawa tersebut diambil dari sebuah pulau yang banyak ditumbuhi pohon Andalas dan hanya tumbuh di Pulau Sumatera. 

Pada tahun 2021 lalu, Unand ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang ke 13 di Indonesia. Saat ini Unand telah memiliki tiga cabang yaitu di Padang, Payakumbuh dan Dharmasraya. 

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Bentuk Bangunan

Universitas yang memiliki moto “Untuk Kedjajaan Bangsa” tersebut sering disebut sebagai kampus power rangers lantaran memiliki gedung rektorat yang mirip dengan markas power rangers. 

Tak hanya itu, (Unand) juga khas dengan bangunannya yang sebagian besar sengaja tidak dicat yang mengandung filosofi ’Kejujuran’.

Gerbang masuk kampus Unand juga tak lepas dari adat Minangkabau, yaitu mengadopsi bentuk bangunan bagonjong seperti bangunan rumah gadang.

Memiliki Cuaca Sendiri

Fakta unik lainnya yang umumnya hanya diketahui oleh mahasiswa ataupun orang yang pernah datang langsung ke kampus tertua nomor empat di Indonesia tersebut yaitu memiliki cuaca yang berbeda dengan lingkungan sekitar. 

Jika di kawasan kampus cuaca terlihat cerah, namun saat sudah melewati gerbang kampus, cuaca akan berubah menjadi hujan. Begitu juga sebaliknya, jika di luar lingkungan kampus cuaca terang benderang, saat memasuki kawasan kampus cuaca akan berubah menjadi hujan deras. 

Baca Juga: 8 Universitas Tertua di Dunia, Peringkat Pertama Berada di Maroko

Jadi masyarakat sekitar sudah tak heran jika melihat Mahasiswa yang pulang dari kampus yang terletak di Limau Manis, Padang tersebut mengenakan mantel atau basah kuyup di saat kondisi tidak hujan. Walau hal tersebut tidak setiap hari terjadi. 

Pemandangan 

Kampus Unand berada di ketinggian 200 mdpl, jika berada di lantai tertinggi yang ada di gedung rektorat, kita akan dapat melihat seluruh Kota Padang dan dapat menikmati keindahan pantai padang dari kejauhan. 

Kampus power rangers tersebut juga memiliki hutan yang cukup  luas dan masih memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi pepohonan. Hal tersebut membuat pemandangan tampak asri dan nyaman, bahkan banyak Mahasiswa yang duduk untuk sekedar bersantai atau berdiskusi di Gazebo-gazebo yang dilindungi pepohonan. 

Tak hanya itu, kampus Unand juga memiliki sebuah mushalla yang unik karena seluruh dindingnya hingga mimbarnya dibangun dari bebatuan. Hanya memiliki satu pintu dan dua jendela yang juga terbuat dari batu. 

Itulah dia ulasan lima fakta unik tentang Universitas Andalas (Unand) yang belum banyak diketahui.***

Penulis: Oktavia Nurdianti.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Fakta Unik Tentang Universitas Andalas: Sejarah, Bangunan, Cuaca dan Pemandangan
Fakta Unik Tentang Universitas Andalas: Sejarah, Bangunan, Cuaca dan Pemandangan
Universitas Andalas: Sejarah, Bangunan, Cuaca dan Pemandangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAjodR7mJG5HRXBNv_JyjwpJtpMlCX75QhtTRncczExLGSiivIMssOKwPtXwHTPc2jNKA42jg6P-WMLhvgA3_mJJ4R8IxiiNVrp6qVgG89gcF2eNgUiqk5VG5mOtgr4VAuHSz6lToLeMdtximnIJAeOciBnE204DLhw2EZLhyphenhyphenQBh9eLfFsvDkOwStFEZaT/s16000/Fakta%20Unik%20Tentang%20Universitas%20Andalas%20Sejarah,%20Bangunan,%20Cuaca%20dan%20Pemandangan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAjodR7mJG5HRXBNv_JyjwpJtpMlCX75QhtTRncczExLGSiivIMssOKwPtXwHTPc2jNKA42jg6P-WMLhvgA3_mJJ4R8IxiiNVrp6qVgG89gcF2eNgUiqk5VG5mOtgr4VAuHSz6lToLeMdtximnIJAeOciBnE204DLhw2EZLhyphenhyphenQBh9eLfFsvDkOwStFEZaT/s72-c/Fakta%20Unik%20Tentang%20Universitas%20Andalas%20Sejarah,%20Bangunan,%20Cuaca%20dan%20Pemandangan.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/fakta-unik-tentang-universitas-andalas.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/fakta-unik-tentang-universitas-andalas.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten