Tips untuk Calon Fresh Graduate Cepat Dapat Pekerjaan

Tips untuk Calon Fresh Graduate Cepat Dapat Pekerjaan
(Simak Tips Bagi Calon Fresh Graduate agar Cepat Dapat Pekerjaan)
PEMUKA RAKYAT - Berhasil meraih gelar sarjana adalah impian setiap orang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berjuang selama kurang lebih empat tahun dengan harapan bisa mendapatkan pekerjaan layak sesuai harapan.

Namun, kenyataannya, untuk mendapatkan pekerjaan seperti yang mereka dambakan membutuhkan waktu yang lama. Banyak perusahaan yang juga menuntut calon pelamar untuk memenuhi beberapa kriteria agar dapat lolos kerja di sana.

Kriteria tersebut diantaranya, berpenampilan menarik / good looking, batas usia, serta telah berpengalaman kerja. Namun, kriteria seperti yang telah disebutkan tadi dinilai mempersulit calon pelamar kerja.

Tak jarang banyak orang yang mengeluh terkait syarat good looking atau berpenampilan menarik, karena dirasa tidak adil bagi mereka. Syarat tersebut juga sering dianggap diskriminatif karena melihat calon pelamar hanya dari penampilan luarnya saja.

Baca juga: 8 Universitas Tertua di Dunia, Peringkat Pertama Berada di Maroko

Syarat batas usia maksimal 25 tahun kerap kali membuat orang-orang jengkel. Pasalnya, tidak semua lulusan sarjana berusia di bawah 25 tahun, banyak pula yang usianya lebih dari yang disyaratkan tersebut.

Banyak pelamar kerja yang merupakan fresh graduate, sehingga mereka belum memiliki pengalaman kerja seperti yang disyaratkan beberapa perusahaan. Sedangkan sejumlah perusahaan memberi syarat minimal pengalaman kerja 1 – 3 tahun kerja atau bahkan lebih. Hal tersebut, lantas membuat calon pelamar jadi pesimis.

Alhasil banyak lulusan perguruan tinggi yang harus menganggur berbulan-bulan hingga bertahun-tahun karena susah mendapat pekerjaan akibat terkendala syarat-syarat tersebut.

Lantas adakah cara untuk mengantisipasi hal-hal tersebut? Bagaimana cara agar mahasiswa lulusan sarjana tidak kelamaan menganggur setelah lulus?

Berikut Tim Pemuka Rakyat akan rangkumkan beberapa tips agar fresh graduate tetap dilirik HRD perusahaan.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Berpengalaman dalam Organisasi

Bagi kalian yang masih kuliah di semester awal, cobalah ikut organisasi yang ada di kampus. Kalian bisa memilih organisasi, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki.

Melalui organisasi, kalian juga akan dilatih secara mental untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani dan luwes ketika berhadapan dengan sebuah tantangan. Selain itu, kalian akan mendapat bekal pengetahuan serta wawasan yang lebih luas.

Aktif mengikuti magang

Selain mengikuti organisasi, kalian bisa menambah pengalaman dengan ikut magang. Melalui kegiatan magang, kalian bisa mengasah skill yang telah kalian miliki. Dan yang lebih penting, ketika kalian mengikuti magang, artinya kalian telah mulai berkenalan dunia kerja. Hal tersebut tentunya dapat menjadi bekal pengalaman untuk persiapan masuk dunia kerja.

Baca juga: Daftar Jurusan Kuliah yang Bantu Selamatkan Bumi

Kerja freelance

Bekerja secara freelance juga dapat menjadi batu loncatan untuk mengejar karier. Untuk mengisi waktu luang selama proses mecari pekerjaan, kalian dapat mengambil pekerjaan freelance terlebih dahulu.

Dengan mengikuti freelance kalian dapat terus meningkatkan skill yang telah kalian punya. Selain itu, kalian juga mendapatkan penghasilan. Bahkan ketika kalian telah mendapat pekerjaan tetap, freelance tetap bisa kalian lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Melalui kegiatan, seperti organisasi, magang, dan freelance ini kalian juga akan menambah relasi, lho!

Terus merawat diri

Dalam persiapan memasuki dunia kerja, kalian perlu merawat dan menjaga penampilan diri kalian. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan wajah dan badan.

Good looking tidak harus soal fisik yang sangat menawan, melainkan bisa dilihat dari cara berpakaian yang keren tetapi tetap rapi dan sopan. Selain itu, untuk menambah penampilan agar lebih menarik bisa dilakukan dengan make up yang tidak berlebihan.

Baca juga: 6 Cara Cepat Lulus Kuliah

Buat CV atau resume yang menarik

Tampilan dan isi CV atau resume juga sangat perlu diperhatikan. Kalian perlu membuat CV atau resume semenarik mungkin agar di lirik HRD.

Tulis pengalaman yang kalian miliki dengan bahasa singkat dan jelas. Deskripsikan diri kalian sebaik mungkin, tentunya sesuaikan dengan pekerjaan yang akan kalian lamar.

Pastikan yang kalian tulis di CV atau resume benar adanya. Terus perbaiki CV atau resume kalian secara berkala.

Nah, itulah tips agar lulusan perguruan tinggi cepat dapat pekerjaan di tengah banyaknya persyaratan yang diajukan. Semoga bermanfaat!***

Penulis: Yantika Nur Cahyati
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Tips untuk Calon Fresh Graduate Cepat Dapat Pekerjaan
Tips untuk Calon Fresh Graduate Cepat Dapat Pekerjaan
Tips untuk Calon Fresh Graduate Cepat Dapat Pekerjaan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPqvoSh8YLIEVfM1cmAjKj-u2jjz4B6k76zCjEUKrpY_G5ZB5X2yfE1pUeZMqvS-MHjog6YlhQqMG33GR-0AB9-zX7MrLSRCjRMc6zooOPn54_S1IgJF-uKC95NvgGdH0en9L55naX6BhH8E3DK2nX27NcXZHR2piyLHFw9OwZC8dp7XfbGz4VrRy8zYZa/s16000/Tips%20untuk%20Calon%20Fresh%20Graduate%20Cepat%20Dapat%20Pekerjaan.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPqvoSh8YLIEVfM1cmAjKj-u2jjz4B6k76zCjEUKrpY_G5ZB5X2yfE1pUeZMqvS-MHjog6YlhQqMG33GR-0AB9-zX7MrLSRCjRMc6zooOPn54_S1IgJF-uKC95NvgGdH0en9L55naX6BhH8E3DK2nX27NcXZHR2piyLHFw9OwZC8dp7XfbGz4VrRy8zYZa/s72-c/Tips%20untuk%20Calon%20Fresh%20Graduate%20Cepat%20Dapat%20Pekerjaan.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/tips-untuk-calon-fresh-graduate-cepat.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/tips-untuk-calon-fresh-graduate-cepat.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten