Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya

Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya
Perbanyak Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan untuk Mendapatkan Keutamaan Lailatul Qadar (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Bagi setiap orang islam terutama di bulan ramadhan tentu tidak asing dengan malam lailatul qadr.

Malam lailatul qadr diyakini memiliki keutamaan dan kemuliaan dibandingkan hari hari biasanya bagi semua umat islam.

Dimalam ke 10 bulan Ramadhan banyak umat islam yang berlomba-lomba untuk mendapatkan kemuliaan malam lailatul qadr tersebut.

Qadr memiliki arti penetapan atau Pengaturan-pengaturan, sehingga dapat dipahami bahwa malam lailatul qadr adalah malam penetapan allah kepada manusia.

Lailatul qadr memiliki surat tersendiri dalam al-qur'an yaitu surat pendek yang bernama al-qadr yang terletak di juz ke 30.

Baca Juga: Hukum Shalat dengan Shaf Bercampur Pria dan Wanita

Dalam surah tersebut allah menjelaskan tentang apa saja keutamaan lailatul qadr, surah itu berbunyi

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ ۝١

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada Lailatulqadar".

Dalam ayat tersebut keutamaan malam lailatul qadr adalah dimalam itulah allah menurunkan Al-qur'an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia.

Dalam surah lain dalam Al-quran juga dijelaskan tentang turunnya Al-Qur'an di Bulan Ramadhan 

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)...." (QS. Al-Baqarah, [2]:185)

Baca Juga: Doa Awal dan Akhir Tahun Rasulullah SAW Lengkap Arab dan Terjemahannya

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ ۝٢

"Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu?"

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ ۝٣

"Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan."

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ ۝٤

"Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan."

Pada ayat ini dijelaskan bahwa turun malaikat ke bumi juga merupakan turunnya rahmat dan berkah dari Allah SWT

سَلٰمٌۛ هِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ۝٥

"Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar."

Baca Juga: Mengapa Harus Puasa Rajab, Simak 4 Keutamaannya

Menurut tafsir Mujahid dalam Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim (14: 407),  pada ayat ini memiliki maksud bahwa Allah SWT mengaruniai lailatul qadar dengan kesejahteraan dan keselamatan. 

Karena pada malam itu, setan tidak mampu berbuat buruk atau mengganggu manusia maksud lain adalah keselamatan bagi orang-orang yang taat kepada allah

Mengutip dari Al-Fiqhul Wadhih minal kitab wa sunnah, Juz 1, hal 577 yang menafsirkan surah al qadr.

Tahukah engkau, Muhammad, apakah Lailatul Qadr itu? Ia adalah satu malam, dimana beribadah satu kali lebih baik dari beribadah seribu bulan. 

Para malaikat termasuk malaikat Jibril turun (ke bumi) ketika itu dengan membawa kebaikan dan keberkahan.

Baca Juga: Tips Sukses Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Para malaikat itu mengucapkan salam kepada Orang-orang Islam. Mereka berdo’a dan memintakan ampun  bagi orang-orang Islam. 

Dalam suatu hadis yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah bersabda.

“Siapa saja yang menghidupkan Lailatul Qadr (dengan ibadah) dilandasi iman dan ikhlas murni karena Allah, maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni. Dan barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan pada Allah SWT, maka akan diampuni semua dosa-dosanya yang telah lalu”. (Shahih Bukhori, h.1768)

Hadits ini menjelaskan bahwa rasulullah sangat menganjurkan kita semua agar memperbanyak amalan ibadah di malam lailatul qadr.

Hadits itu juga menjelaskan keutamaan keutamaan malam lailatul qadr yaitu Dosa-dosa akan di ampuni.

Baca Juga: Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir dalam Sholat

Itulah ulasan yang dirangkum oleh Tim Pemuka Rakyat mengenai Keutamaan-keutamaan malam lailatul qadr dan semoga kita menjadi salah satu yang ditakdirkan mendapatkan keberkahan pada malam lailatul qadr.***

Penulis: Lia Camelia
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,944,Ekonomi,55,Entertainment,314,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,266,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ㅤHeadline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya
Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya
Malam Lailatul Qadr dan Keutamaannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQwv6Dv_UuxO4E9slKwf7wlYS0KQk8WKvh-pq1cIzTD96ul4yu1cJCDobrsL493v5Ple7snl8ZBrSXqWuFlEBF1QiAilRFlYZwZTgwsjRAaP5rId0xox4k4lZrBTMaSFX6dmON_9ihR4VMn7fT8bpQqI_0z5ZJTFPwu8pmInIFvA9xKjqFOj15Z8DCr5ey/s16000/Malam%20Lailatul%20Qadr%20dan%20Keutamaannya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQwv6Dv_UuxO4E9slKwf7wlYS0KQk8WKvh-pq1cIzTD96ul4yu1cJCDobrsL493v5Ple7snl8ZBrSXqWuFlEBF1QiAilRFlYZwZTgwsjRAaP5rId0xox4k4lZrBTMaSFX6dmON_9ihR4VMn7fT8bpQqI_0z5ZJTFPwu8pmInIFvA9xKjqFOj15Z8DCr5ey/s72-c/Malam%20Lailatul%20Qadr%20dan%20Keutamaannya.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/malam-lailatul-qadr-dan-keutamaannya.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/malam-lailatul-qadr-dan-keutamaannya.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten