Sejarah dan Makna Jumat Agung, Kasih Yesus Kristus Bagi Umat Kristen

Sejarah dan Makna Jumat Agung, Kasih Yesus Kristus Bagi Umat Kristen
Sejarah dan Makna Jumat Agung Bagi Umat Kristen (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Hari yang dinantikan umat Kirsten akhirnya tiba pada 29 Maret 2024 ini. 

Jumat Agung, yang diperingati pada hari Jumat sebelum Minggu Paskah, adalah hari penting dalam kalender Kristen.

Ini merupakan hari yang menandai penyaliban dan kematian Yesus Kristus di Golgota. Jumat Agung merupakan salah satu peristiwa paling sakral dalam agama Kristen.

Meskipun Jumat Agung secara khidmat memperingati penyaliban Yesus Kristus, Jumat Agung juga menyampaikan pesan harapan yang mendalam.

Hari ini mengingatkan umat Kristen akan pengorbanan kasih dan penebusan-Nya bagi umat manusia.

Baca Juga: Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada

Seperti apakah sejarah dan makna Jumat Agung? 

Yuk, simak artikel berikut yang berhasil dirangkum oleh Tim Pemuka Rakyat mengenai Jumat Agung.

Sejarah Jumat Agung

Sejarah Jumat Agung berakar kuat pada tradisi dan teologi Kristen, menelusuri Peristiwa-peristiwa yang tertera dalam Perjanjian Baru di dalam Alkitab.

Menurut kepercayaan Kristen, Yesus Kristus ditangkap dan diadili dengan paksa oleh Kekaisaran Romawi dengan tuduhan penistaan agama dan penghasutan.

Walaupun tidak bersalah, dia dihukum mati dengan cara disalib, sebuah bentuk hukuman yang paling kejam yang dilaksanakan oleh Kekaisaran Romawi pada masa itu. 

Baca Juga: Fakta Kapal Pinisi: Sejarah Singkat, Arti Nama, Jenis, Proses Pembuatan hingga Karakteristik

Yesus membawa salibnya sendiri ke tempat eksekusi, Golgota, yang juga dikenal sebagai Bukit Kalvari, tempat dia disalibkan bersama dengan dua penjahat.

Hari Jumat Agung menandai puncak pengabadian Yesus di dunia dan pelaksanaan rencana keselamatan manusia yang telah ditetapkan oleh Allah.

Makna Jumat Agung

Umat Kristen di seluruh dunia memperingati hari ini dengan penuh kesungguhan dan hormat, merenungkan penderitaan serta pengorbanan Yesus untuk menebus Dosa-dosa umat manusia. 

Banyak gereja mengadakan ibadah khusus, termasuk liturgi, doa, pembacaan Alkitab, dan nyanyian pujian yang mengarah pada sengsara dan kematian Yesus.

Meskipun diwarnai oleh kesedihan, Jumat Agung juga dianggap sebagai hari harapan dan penebusan dalam keyakinan Kristen. 

Baca Juga: Kisah Akhir Hidup Sultan Hamengkubowo V, Tewas di Tangan Selir Kesayangannya

Kematian Yesus di kayu salib dipandang sebagai persembahan penghapus dosa bagi umat Kristen.

Sementara itu, kebangkitan Yesus pada hari Minggu Paskah menandai kemenangan atas kematian serta menjanjikan kehidupan abadi bagi yang percaya.

Secara keseluruhan, Jumat Agung adalah momen krusial dalam iman dan ritual Gereja Kristen, mengingatkan akan pengorbanan Yesus dan kasih-Nya yang tak terbatas kepada manusia. 

Perayaan ini tetap menjadi inti ibadah dan pengabdian Kristen.

Pasalnya, Jumat Agung menyatukan umat Kristen beriman dalam refleksi, doa, dan rasa syukur atas anugerah keselamatan melalui Yesus Kristus.

Baca Juga: Pekanbaru: Kota Pusaka Riau Berbudaya dan Modern dengan Angka Kemiskinan yang Rendah

Oleh sebab itu, ini merupakan hari yang paling mulia bagi umat Kristen.

Asal Usul Penyebutan Jumat Agung

Meskipun istilah "Jumat Agung" mungkin terdengar paradoks, ada banyak penafsiran yang mendalam tentang maknanya.

Jumat Agung disebut dengan istilah “Good Friday” dalam bahasa Inggris.  

Istilah “good” (baik) dalam konteks ini diyakini berasal dari makna yang lebih tua dari "saleh" atau "suci". 

Hal demikian merujuk pada hasil baik dari pengorbanan Yesus, yang membawa keselamatan dan janji hidup kekal bagi pengikutnya.

Baca Juga: Menyambut Imlek: Warna-Warni Kemeriahan Tahun Baru Cina

Terlepas dari asal katanya, Jumat Agung mencerminkan kemenangan kebaikan atas kejahatan dan harapan akan penebusan melalui kematian Yesus.

Tradisi Perayaan Jumat Agung

Selama berabad-abad, Jumat Agung telah dirayakan secara beragam oleh umat Kristen dari berbagai budaya.

Tradisi yang berkaitan dengan hari ini bisa mencakup berpuasa, pantang konsumsi daging, serta menghadiri prosesi keagamaan atau persembahan perjalanan Salib.

Perjalanan Salib merupakan prosesi yang mengharuskan peserta berjalan melalui serangkaian stasiun yang mewakili berbagai peristiwa di Jam-jam terakhir Yesus sebelum penyalibannya.

Selain itu, banyak umat Kristen menggunakan Jumat Agung sebagai kesempatan untuk melakukan tindakan pelayanan atau amal.

Baca Juga: Tradisi Kim: Kesenian Rakyat Minang yang Mempererat Silaturahmi dan Kebudayaan

Hal ini atas dasar mengikuti teladan Yesus yang tidak mementingkan diri sendiri dan kasih terhadap orang lain.

Di beberapa Negara, Jumat Agung dijadikan sebagai hari libur resmi.

Kebijakan ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada umat untuk merayakan hari tersebut dengan khidmat dan penghormatan yang mendalam.

Inilah sejarah dan makna Jumat Agung, hari yang penuh kemuliaan bagi umat Kristen.***

Penulis: Salma Fathia
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,944,Ekonomi,55,Entertainment,314,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,266,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Sejarah dan Makna Jumat Agung, Kasih Yesus Kristus Bagi Umat Kristen
Sejarah dan Makna Jumat Agung, Kasih Yesus Kristus Bagi Umat Kristen
Sejarah dan Makna Jumat Agung, Kasih Yesus Kristus Bagi Umat Kristen
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi55KK7v7e_wsjQ6ryoJ41k4hc9dpjxich5vunDN8UOEXj671d05goauIhKkxKCobaJiIqY1RmgnkdlE-IfXJMAjQ49AqRQ7kJPLnfeGTckcQc10Lh6jbXtk1Bo9PwPhHECsde6leJcmR7p2-vjQ0gsVtd67tpb4LfJNeDpoINrxSMo6IW6BLsYxWzwQPJI/s16000/Sejarah%20dan%20Makna%20Jumat%20Agung,%20Kasih%20Yesus%20Kristus%20Bagi%20Umat%20Kristen.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi55KK7v7e_wsjQ6ryoJ41k4hc9dpjxich5vunDN8UOEXj671d05goauIhKkxKCobaJiIqY1RmgnkdlE-IfXJMAjQ49AqRQ7kJPLnfeGTckcQc10Lh6jbXtk1Bo9PwPhHECsde6leJcmR7p2-vjQ0gsVtd67tpb4LfJNeDpoINrxSMo6IW6BLsYxWzwQPJI/s72-c/Sejarah%20dan%20Makna%20Jumat%20Agung,%20Kasih%20Yesus%20Kristus%20Bagi%20Umat%20Kristen.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/sejarah-dan-makna-jumat-agung-kasih.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2024/03/sejarah-dan-makna-jumat-agung-kasih.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten