Dampak Positif dan Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas

Dampak makan Pedas
Simak Dampak Positif dan Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas (Foto:pemuka-rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT - 
Lidah tiap orang dalam menilai makanan akan berbeda sesuai dengan seleranya masing-masing. Begitu juga dengan makanan pedas, ada yang ketika melihat makanan pedas selera makannya menjadi tergugah, di sisi lain ada juga yang malah bergidik ngeri ketika melihat makanan pedas. Ada yang suka makanan pedas, danada juga yang suka dengan makanan yang tidak pedas. 

Saat ini sudah ada berbagai macam olahan makanan pedas yang menjadi surga dunia bagi para pecinta pedas, beberapa contoh diantaranya yaitu: seblak, mie pedas, bakso mercon, ayam geprek, oseng mercon dan lain-lain.

Faktanya makanan pedas memiliki dampak positif dan negatif bagi kesehatan. Berikut Tim Pemuka Rakyat merangkum beberapa dampak positif dan negatif akibat mengkonsumsi makanan pedas:

Menurut Ahli Diet Klinis Piedmont Atlanta Hospital Haley Robinson, cabe rawit mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, diantaranya:

Baca Juga: Cek Fakta Benarkah Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Membuat Suasana Hati Senang?

  1. Mencegah Kanker. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh manusia dapat menjadi faktor penyebab kanker. Capsaicin hadir sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari molekul berbahaya seperti radikal bebas. 
  2. Menurunkan Berat Badan. Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh hingga lima persen sehingga membantu mempercepat membakar kalori yang ada  di dalam tubuh. Sehingga orang yang memakan makanan pedas akan memilii 75 kalori lebih sedikit dibanding orang yang tidak memakan makanan pedas.
  3. Menyehatkan Jantung. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada cabe dapat membantu memperkuat dinding otot jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh manusia sehinggga dengan mengkonsumsi makanan pedas, akan dapat mengurangi efek pengrusak dan kolestrol jahat. Kedua vitamin tersebut merupakan zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas akan membantu tubuh melawan peradangan yang menjadi faktor risiko masalah jantung.

Baca Juga: Simak Makna Memelihara Kucing, Memberikan Berbagai Manfaat Positif Bagi Pemiliknya

Dampak positif yang telah disebutkan di atas akan didapatkan jika mengkonsumsi makanan pedas secara wajar dan tidak berlebihan. Jika mengkonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan dampak negatif, beberapa diantaranya:

  1. Magh. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung cabe dalam jumlah banyak, maka dapat menimbulkan penyakit magh, yang disebabkan karena iritasi atau peradangan pada lambung. Seiring dengan Magh, jika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, maka akan memicu naiknya asam lambung sehingga menjadikan tenggorokan terasa panas.
  2. Diare. Capsaicin yang terkadung dalam makanan pedas ternyata juga dapat membuat lapisan lambung dan usus pada orang yang memiliki gangguan buang air besar menjadi iritasi. Selain itu  makanan pedas juga dapat menyebabkan penyakit diare terlebih jika makanan yang dikonsumsi juga mengandung banyak minyak. 
  3. Perut Mules. Capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas dapat memperlambat laju pencernaan sehingga makanan tersebut tinggal lebih lama di dalam perut yang akan meningkatkan risiko perut terasa mules. Mules terjadi karena asam lambung kembali mengalir ke pipa makanan yang menyebabkan rasa terbakar di bagian dada.
  4. Iritasi Kulit. Setelah mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat dan menghasilkan keringat yang memicu terjadinya pelepasann minyak di kulit. Bakteri dan kotoran yang terperangkap pada minyak tersebut dapat merusak kondisi kulit, seperti timbulnya jerawat.

Baca Juga: Empat Jenis Jamu yang Wajib Diminum Seorang Wanita, Simak Selengkapnya

Selain membatasi intensitas makanan pedas yang dikonsumsi, untuk menghindari dampak negatif yang sudah disebutkan di atas. Kita juga perlu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur mayur.

Itulah ulasan mengenai dampak positif dan negatif  yang diperoleh ketika mengkonsumsi makanan pedas.***

Penulis : Oktavia Nurdianti
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Dampak Positif dan Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas
Dampak Positif dan Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas
Dampak Positif dan Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs7xgz47bCePtQDe5cTL9a_nzwo-Jtgi9dGh1SUt7kNjFz51uV7KBt1IRLEx2nKW4XroMEjTkdjueYuFj4GxGj6t6RlOrliAhl7iDYMbDolK62m0UrJVU3Gq31aN-vDIDJarho0BVRT5w3soSeBXRNl2WT3Wo4FcEFaKOXrgBHln5rFpexMqXvl5OZv1uj/s16000/Dampak%20Positif%20dan%20Negatif%20Mengkonsumsi%20Makanan%20Pedas.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs7xgz47bCePtQDe5cTL9a_nzwo-Jtgi9dGh1SUt7kNjFz51uV7KBt1IRLEx2nKW4XroMEjTkdjueYuFj4GxGj6t6RlOrliAhl7iDYMbDolK62m0UrJVU3Gq31aN-vDIDJarho0BVRT5w3soSeBXRNl2WT3Wo4FcEFaKOXrgBHln5rFpexMqXvl5OZv1uj/s72-c/Dampak%20Positif%20dan%20Negatif%20Mengkonsumsi%20Makanan%20Pedas.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/11/dampak-positif-dan-negatif-mengkonsumsi.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/11/dampak-positif-dan-negatif-mengkonsumsi.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten