Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada

Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada
Ilustrasi Hidangan Makanan Khas Indonesia Saat Perayaan Natal (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT - 
Berikut 12 makanan Natal khas Indonesia yang wajib saat berkumpul bersama keluarga. 

Tak terasa perayaan Natal semakin dekat, tentunya hari Natal tak akan lengkap rasanya jika tidak berkumpul bersama sembari menyantap Makanan Natal bersama keluarga. Sama seperti halnya di luar Negeri, masyarakat Indonesia juga biasanya memiliki makanan khas yang khusus disajikan saat Natal.

Makanan-makanan ini biasanya terdiri dari berbagai aneka rasa mulai dari yang bercita rasa manis hingga yang memiliki rasa pedas lezat bikin nagih. Berikut ini Tim Pemuka Rakyat merangkum 12 makanan Natal Khas Indonesia yang wajib ada. 

Klapertaart

Makanan Natal khas Indonesia yang tak boleh terlewat merupakan sajian lezat dari Manado. Kudapan satu ini bercita rasa manis yang terbuat dari daging kelapa, telur, tepung, susu dan juga mentega. 

Cita rasanya yang gurih dari kelapa berpadu dengan crunchy almond pada bagian atasnya semakin menambah kenikmatan kue satu ini. Tenang saja, kue manis ini bisa disantap oleh berbagai usia karena memang teksturnya yang sangat lembut di mulut. 

Baca Juga: 5 Daerah yang Melestarikan Seni Bantengan di Jawa Timur

Ayam Kodok

Natal tanpa sajian ayam kodok kurang dan hambar terasa. Sajian satu ini termasuk menu wajib yang harus ada dan sangat cocok disantap bersama keluarga besar saat berkumpul. 

Meski proses pembuatannya terbilang cukup sulit, namun sajian istimewa Natal ini dijamin akan disukai oleh seluruh anggota keluarga dari mulai orang tua sampai Anak-anak. 

Sup Brenebon 

Sup hangat berisi kacang merah, iga sapi dan juga Sayur-sayuran sangat cocok disajikan pada malam natal. Sup khas Manado satu ini memiliki cita rasa manis yang nikmat. 

Kue Lapet

Sajian Natal khas Indonesia ini berasal dari Tapanuli. Natal akan terasa semakin sempurna dengan menghadirkan kue yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan gula aren satu ini. 

Babi Panggang Karo

Sajian lezat khas Natal ini berasal dari Sumatera Utara yang berupa babi panggang karo. Babi panggang karo sendiri merupakan sajian babi panggang yang dipotong-potong kecil dan diberi bumbu sederhana seperti bawang putih, serai serta kecap. 

Baca Juga: Mengapa Selalu Ada Tumpeng di Setiap Acara Syukuran?

Ayam Rica-rica 

Bagi Anda yang merupakan pecinta pedas wajib menyajikan makanan khas Manado satu ini di malam Natal. Ayam rica-rica pedas berkuah pekat akan sangat terasa nikmat disantap bersama nasi hangat bersama keluarga besar. 

Ikan Bumbu Arsik

Tidak selalu daging ayam dan sapi, Anda juga bisa menyajikan makanan Ikan Bumbu Arsik khas Indonesia sebagai sajian Natal. Sajian khas kota Medan ini memiliki cita rasa yang sangat sedap karena menggunakan banyak rempah. Belum lagi rasa pedas gurihnya yang akan memanjakan lidah. 

Selat Solo

Siapa yang tak mengetahui makanan satu ini? Makanan khas Solo yang sangat cocok disajikan untuk perayaan Natal. 

Selat Solo sendiri memiliki tampilan yang sangat mirip dengan steak daging dan disajikan bersama sayuran serta potongan kentang. Daging empuk dan juicy kemudian disiram dengan kuah encer yang  manis, gurih dan sedikit asam akan semakin menambah kelezatannya. 

Ikan Kuah Kuning

Satu lagi makanan perayaan Natal khas Ambon yang wajib ada adalah ikan kuah kuning. Sajian satu ini biasanya menggunakan ikan tongkol, tuna maupun ikan muba yang dimasak dengan rempah dan bumbu kuning seperti kunyit. Biasanya kudapan ini disajikan bersama dengan papeda. 

Baca Juga: Kalori yang Terkandung dalam 1 Buah Jajanan Tradisional

Nastar

Nastar bukan hanya menjadi cemilan wajib saat hari raya, namun cocok disajikan untuk perayaan hari spesial seperti Natal. Nastar dengan isian selai nanas manis dan tekstur super lembut serta lumer di mulut akan membuat keluarga besar ketagihan saat menyantapnya.

Kue Bagea

Kue khas NTT, Maluku ini memiliki ciri khas berbentuk bulat dan berwarna putih pucat. Meski warnanya putih pucat, namun soal rasa kue satu ini tak perlu diragukan lagi enaknya. Kue Bagea sendiri terbuat dari tepung sagu, terigu, gula, minyak dan biji cintang. Cemilan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup. 

Poffertjes

Berasal dari Ambon, kue satu ini biasanya disajikan pada hari Natal untuk disantap saat sarapan. Poffertjes sendiri memiliki penampilan yang sangat mirip dengan pancake namun jauh lebih kecil.

Itulah rangkuman 12 makanan Natal khas Indonesia yang wajib dicoba.***

Penulis: Niawati.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada
Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada
Menggugah Selera dan Jangan Sampai Terlewat! Berikut 12 Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-mdJIbUtNg8CstEAgThXUwYIU_basxY9t9Vbgx1gWCitB2_o7ywAh-eyUkBBdVvaI1AAt8zjwA6smYptb_w4067TJmtiJeuuCNYWM1btbsA3O5v2JNFMBspVigEeZKnK3EkyFtU2KBk4sVlsfLC4JhZRNn_zibaJhUUlhVfA6kX1q9eWUk5k013eUXMPV/s16000/Menggugah%20Selera%20dan%20Jangan%20Sampai%20Terlewat!%20Berikut%2012%20Makanan%20Natal%20Khas%20Indonesia%20yang%20Wajib%20Ada%C2%A0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-mdJIbUtNg8CstEAgThXUwYIU_basxY9t9Vbgx1gWCitB2_o7ywAh-eyUkBBdVvaI1AAt8zjwA6smYptb_w4067TJmtiJeuuCNYWM1btbsA3O5v2JNFMBspVigEeZKnK3EkyFtU2KBk4sVlsfLC4JhZRNn_zibaJhUUlhVfA6kX1q9eWUk5k013eUXMPV/s72-c/Menggugah%20Selera%20dan%20Jangan%20Sampai%20Terlewat!%20Berikut%2012%20Makanan%20Natal%20Khas%20Indonesia%20yang%20Wajib%20Ada%C2%A0.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/menggugah-selera-dan-jangan-sampai.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/menggugah-selera-dan-jangan-sampai.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten