Siap Jadi Chef Handal! Berikut Daftar 6 Sekolah Kuliner Elit Terbaik di Indonesia

Daftar 6 Sekolah i Elit Terbaik di Indonesia

Ilustrasi Kegiatan Memasak Di Sekolah Kuliner Elit (Foto: pemuka-rakyat.com)


PEMUKA RAKYAT - 
Berikut daftar 6 sekolah kuliner elit terbaik di Indonesia yang siap mencetak chef handal dan berbakat.

Populernya ajang kompetisi memasak di layar kaca mampu membuat beberapa orang jadi bermimpi menjadi seorang chef yang menyajikan makanan lezat dan mewah.

Menjadi chef juga kini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diidolakan orang beberapa orang. Tentunya untuk menjadi chef yang handal dalam menyajikan makanan, Anda harus mempelajari ilmu terlebih dahulu.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali daftar sekolah kuliner elit yang bisa dipertimbangkan. Bagi Anda yang bingung dalam memilih sekolah untuk belajar skill memasak, berikut Tim Pemuka Rakyat telah merangkum 6 daftar sekolah kuliner elit terbaik di Indonesia.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

The Sages Institute

Berada di Surabaya, Jawa Timur, The Sages Institute International atau SAGES menjadi salah satu daftar sekolah kuliner elit terbaik di Indonesia.

Sekolah memasak satu ini menggunakan proses belajar dengan pembagian 30% teori dan 70% praktik. Selain itu, menggunakan kurikulum internasional, kurikulum yang pihak sekolah gunakan juga selalu diperbaharui guna memenuhi tuntutan industri kuliner dan menghadirkan inovasi kepada para pesertanya.

Kerennya lagi, para pembelajar di SAGES ini akan mendapatkan peluang untuk ikut serta dalam proyek industri dan magang di hotel, restoran, toko roti hingga kafe.

Sekolah memasak satu ini memiliki spesialisasi dalam seni kuliner, gastronomi dan manajemen perhotelan. Sayangnya biasa menimba ilmu di sekolah ini tidaklah murah karena bisa mencapai Rp160 juta. 

Baca juga: Fakta dan Manfaat Pohon Tabebuya yang Tumbuh di Pinggir Jalan Mirip Bunga Sakura

Bali Culinary Pastry School (BCPS)

Sekolah kuliner elit  yang berada di Bali ini hanya berfokus pada bidang pastry dan pengembangannya.  Disini juga menerapkan sistem pre screening  bahasa Inggris dan matematika juga tes akhir wawancara dalam prosedur pendaftaran.

Sekolah kuliner yang berbasis internasional ini memiliki program yang sangat menguntungkan bagi muridnya, di mana mereka bisa mengikuti program magang pada hotel-hotel bintang 5 kenamaan selama 6 bulan.

Bagi Anda yang ingin bergabung namun terkendala biaya, Bali Culinary Pastry School juga menyediakan beasiswa untuk program sertifikasi Professional Chef Pastry Bakery

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Ottimo International Academy

Sekolah yang memiliki kurikulum dengan standar internasional Paris untuk pendidikan kuliner dan pastry ini berada di Surabaya. Bahkan keistimewaan sekolah satu ini ialah telah diakui oleh City and Guilds Inggris sebagai pusat Sertifikasi Koki Internasional Indonesia.

Ottimo juga menerapkan sistem pembelajaran dengan pembagian 70% praktik dan 30% materi untuk menambahkan khasanah pengetahuan peserta di dunia kuliner. 

Ottimo International Academy menawarkan 3 program pendidikan meliputi D3, Profesional Gourmet selama 2 tahun termasuk culinary dan pastry, Program Gourmet selama 1 tahun pilih salah satu culinary atau pastry. 

Baca juga: Viral! Kumpulan Pemuda yang Kerap Membersihkan Sampah di Pantai, Berikut Profilnya: Arti Nama dan Awal Terbentuknya Pandawara Group

Indonesia Patisserie School

Sekolah kuliner yang berada di Jakarta Utara ini menawarkan program kursus pastry serta baking. Berbeda dari sekolah memasak lainnya, Indonesia Patisserie School menerapkan program pelatihan dengan porsi 80% praktik dan 20% teori.

Indonesia Patisserie School sendiri menawarkan 4 tingkat keahlian meliputi Program kelas Dasar dengan durasi 3 bulan, Program kelas Menengah yang merupakan kelas pastry durasi selama 6 bulan dan dilengkapi sertifikasi. Dua program lainnya di antaranya Program Kelas Unggulan dengan durasi 3 bulan disertai sertifikat serta Program Kelas Memasak dengan durasi 6 bulan dilengkapi sertifikat. 

Sekolah Kuliner Budi Mulia Yogyakarta

Sekolah Kuliner Budi Mulia yang terletak di Yogyakarta ini berdiri sejak tahun 2000. Sekolah ini menerapkan 4 program di antarnaya Program Profesi Chef (PPC), Culinary Art, Program Khusus dan Private.

Sekolah satu ini menerapkan sistem pembelajaran dengan porsi 80% praktik dan 20% teori dengan aktivitas meliputi praktik individual dan kelompok, pastry cooking, kelas teori, ujian praktik, hot food cooking, praktik langsung dengan chef kenamaan dan carving fruit serta vegetables.

Amanda Clarissa menjadi salah satu alumni dari sekolah ini yang terkenal sebagai pengusaha.

Monas Pacific Culinary Academy Surabaya

Monas Pacific Culinary Academy Surabaya selain masuk dalam daftar sekolah kuliner elit juga merupakan sekolah kuliner tertua di Indonesia.

Sekolah satu ini memiliki kurikulum serta sistem pembelajaran yang mirip dengan Johnson and Wales University. Selain mirip dengan Johnson and Wales University, sekolah ini juga memiliki kurikulum mirip dengan California Culinary Academy di Amerika Serikat.

Salah satu alumni dari sekolah ini yang terkenal adalah Benny yang merupakan finalis National Reality Show Hell’s Kitchen Indonesia. Sekolah ini mengadopsi sistem pembelajaran learning by doing. Lulusannya akan mendapatkan gelar Ahli-Madya (A.Md) kuliner yang telah diakui oleh Pemerintah

Monas Pacific Culinary Academy Surabaya juga menawarkan program magang selama 6 bulan di hotel dan restoran berbintang.

Itulah 6 daftar sekolah kuliner elit di Indonesia yang bisa dipilih bagi Anda yang ingin mempelajari dunia masak memasak

Penulis: Niawati
Editor: Zumrotun N.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Siap Jadi Chef Handal! Berikut Daftar 6 Sekolah Kuliner Elit Terbaik di Indonesia
Siap Jadi Chef Handal! Berikut Daftar 6 Sekolah Kuliner Elit Terbaik di Indonesia
Siap Jadi Chef Handal! Berikut Daftar 6 Sekolah Kuliner Elit Terbaik di Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-2EgJAy7yY2BRnlPvyureHQdF9_mD9hl9ulwBpmNqlSRXmYEsTkuNqU0PrnzGIKTaOVrzUBpo3_cW_eGdjZ116IUZy4cb9f6ezV2uC2dYjoV9Y9m9hJr5GvwJszZn34a3jFVPHhJ9XqUO0ToOMJCgj4oxS8JdtcqXnLapfZTxorcS38y7S8A8vYAcgqDr/s16000/Siap%20Jadi%20Chef%20Handal!%20Berikut%20Daftar%206%20Sekolah%20Kuliner%20Elit%20Terbaik%20di%20Indonesia.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-2EgJAy7yY2BRnlPvyureHQdF9_mD9hl9ulwBpmNqlSRXmYEsTkuNqU0PrnzGIKTaOVrzUBpo3_cW_eGdjZ116IUZy4cb9f6ezV2uC2dYjoV9Y9m9hJr5GvwJszZn34a3jFVPHhJ9XqUO0ToOMJCgj4oxS8JdtcqXnLapfZTxorcS38y7S8A8vYAcgqDr/s72-c/Siap%20Jadi%20Chef%20Handal!%20Berikut%20Daftar%206%20Sekolah%20Kuliner%20Elit%20Terbaik%20di%20Indonesia.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/siap-jadi-chef-handal-berikut-daftar-6.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/siap-jadi-chef-handal-berikut-daftar-6.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten