12.12! TikTok Shop Buka Lagi di Hari Belanja Online Nasional

TikTok Shop Buka Lagi di Hari Belanja Online Nasional
Aplikasi TikTok Shop Kembali Dibuka (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT - 
Layanan belanja di aplikasi TikTok kembali tersedia. TikTok Shop kini hadir bersama Tokopedia dan Grup GoTo pada campaign ‘Beli Lokal’. 

Pada 4 Oktober 2023 lalu, TikTok sempat menghentikan layanan belanjanya demi mematuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 Tahun 2023 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang mulai berlaku sejak 26 September 2023. 

Berdasarkan peraturan Undang-undang tersebut, social commerce di Indonesia seperti Facebook, Instagram dan TikTok tidak diperkenankan melakukan transaksi jual beli di dalamnya, namun hanya diperbolehkan memfasilitasi promosi barang dan jasa. Dengan kata lain hanya memiliki kapasitas sebagai Penyedia Sistem Elektronik (PSE).

PSE merupakan pemanfaatan sistem elektronik oleh penyelenggara negara, badan usaha, masyarakat dan orang untuk pelayanan publik maupun non publik. 

Jika tetap ingin melakukan transaksi jual beli, platform tersebut harus memiliki surat izin berusaha bidang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), yaitu izin perdagangan dimana transaksi yang dilakukan harus melalui serangkaian perangkat dan prosedur elektronik (e-commerce).  

Baca Juga: Cara Biar Gak Beli Saham Kemahalan

TikTok Shop resmi dibuka kembali dengan menjalani kemitraan bersama PT GoTo dan Tokopedia dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekonomi digital dengan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air. Pengumuman tersebut disebarkan oleh pihak TikTok melalui email para seller. 

Mengusung tema campaign ‘Beli Lokal’, layanan belanja di TikTok yang baru kembali bertepatan dengan promo belanja 12.12, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

Harbolnas merupakan kesempatan untuk berbelanja secara online dengan tersedianya diskon besar-besaran yang diusung oleh pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM tanah air. 

Pada kesempatan tersebut, TikTok dan Tokopedia fokus terhadap produk lokal demi memberdayakan UMKM lokal (dalam negeri) dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Diketahui bahwa kedepannya TikTok Shop akan dikelola dan dikendalikan oleh PT Tokopedia. Sebagai komitmen jangka panjang dan mendukung operasional Tokopedia, TikTok berinvestasi sebanyak US$1,5 milyar atau sekitar Rp23,4 triliun kepada toko hijau tersebut. Dengan kepemilikan saham sekitar 75,01 persen. 

Baca Juga: 14 Daftar Pinjol dengan Kolektor Lapangan Update 2023

Kemitraan strategis tersebut menerangkan komitmen kedepannya akan membuka lebih banyak bahkan hingga jutaan lapangan kerja dalam kurun waktu lima tahun ke depan. 

Transisi layanan belanja di TikTok bersama Tokopedia difasilitasi oleh komite yang baru dibentuk yang diketuai oleh Patrick Walujo, Direktur Utama PT GoTo. Komite tersebut juga mendapat dukungan dari pihak TikTok dan PT Tokopedia. 

Demi tetap mematuhi peraturan perundang-undangan dari Kementerian Perdagangan Dalam Negeri  yang berlaku, diperkirakan ‘keranjang kuning’ yang ada di TikTok akan tetap ada namun transaksi jual belinya akan dialihkan ke Tokopedia. 

Dengan melakukan kombinasi bersama TikTok Shop, pihak Tokopedia berharap dapat menguntungkan dan lebih memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Untuk aktivitas dan transaksi jual beli yang ada di Tokopedia akan tetap berjalan seperti biasa tanpa ada perubahan

Diungkapkan oleh Isy Karim yang merupakan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Kemendag), meski sudah resmi dibuka TikTok Shop masih belum mengantongi izin e-commerce karena memang belum mengajukan ke pihak kementerian perdagangan. 

Baca Juga: TikTok Shop Dibuka Kembali, Apa yang Berbeda?

Maka dari itu, aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh TikTok hanya sekedar mempromosikan barang dan jawa tanpa fitur transaksi jual beli di dalamnya. 

Kemendag juga mengungkapkan bahwa kemitraan antara TikTok Shop bersama Tokopedia juga tidak diketahui sebelumnya. 

Itulah ulasan yang di rangkum oleh Tim Pemuka Rakyat, kembali dibukanya layanan belanja, TikTok Shop yang berkolaborasi bersama dengan Tokopedia pada hari promo belanja secara besar-besaran, Harbolnas.***

Penulis: Oktavia Nurdianti.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,940,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,264,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,479,Olahraga,266,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,„Ö§Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: 12.12! TikTok Shop Buka Lagi di Hari Belanja Online Nasional
12.12! TikTok Shop Buka Lagi di Hari Belanja Online Nasional
TikTok Shop Buka Lagi di Hari Belanja Online Nasional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXi2x3SpPRV9jYMDTj_oCoGXf2Ub2ZZ8xuqtKqOl7c76Qnvq8GgGx532GD9bgXFcyZieCrR5zIik7fiQib9B9vXJzKTkxodFrUhyphenhyphenJpycqVpnnaMEFS2SfqH08-HYlngsXBsGiekJp_FWyGqhK01JL1dXVRRy26bQQUB_yZQMNXoRKEdlTH2OhWLUI6v84Q/s16000/12.12!%20TikTok%20Shop%20Buka%20Lagi%20di%20Hari%20Belanja%20Online%20Nasional.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXi2x3SpPRV9jYMDTj_oCoGXf2Ub2ZZ8xuqtKqOl7c76Qnvq8GgGx532GD9bgXFcyZieCrR5zIik7fiQib9B9vXJzKTkxodFrUhyphenhyphenJpycqVpnnaMEFS2SfqH08-HYlngsXBsGiekJp_FWyGqhK01JL1dXVRRy26bQQUB_yZQMNXoRKEdlTH2OhWLUI6v84Q/s72-c/12.12!%20TikTok%20Shop%20Buka%20Lagi%20di%20Hari%20Belanja%20Online%20Nasional.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/1212-tiktok-shop-buka-lagi-di-hari.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/1212-tiktok-shop-buka-lagi-di-hari.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten