Inilah Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat

Inilah Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat
Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat (Foto: Pemuka-Rakyat.com)

PEMUKA RAKYAT -
Wajah berjerawat memang dapat membuat kita terkadang kehilangan kepercayaan diri untuk tampil di depan umum.

Namun, jerawat juga salah satu masalah kulit yang sudah umum dapat dimiliki oleh siapa pun. Ada beberapa cara agar jerawat itu tidak muncul, pastinya dengan perawatan diri secara intensif.

Jerawat itu akan mulai muncul saat remaja yang sedang dalam masa pubertas atau Orang-orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak dan sensitif,  tidak hanya ada di bagian wajah, tetapi terkadang juga akan muncul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, dan leher.

Berikut ini Tim Pemuka Rakyat merangkum beberapa cara untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah.

Jangan Menyentuh atau Memecahkan Jerawat

Menyentuh jerawat hanya akan membuatnya semakin parah, apalagi jika dengan tangan yang kotor. Jerawat juga tidak boleh dipecahkan ya, karena bisa menyebabkan infeksi yang akan menimbulkan penyakit baru.

Baca Juga: Daftar Jenis Penyakit Penyebab Kematian Terbesar di Indonesia

Jerawat yang dipecahkan juga akan membuat bekasnya jadi sulit hilang dan bahkan akan terlihat lebih parah.

Mencuci Wajah Secara Rutin

Jika kita mencuci wajah secara rutin hingga bersih, jerawat juga akan enggan untuk muncul. Mencuci wajah sebaiknya bisa dilakukan dalam 2 kali sehari, bangun tidur di pagi hari dan ketika akan tidur di malam hari.

Setelah olahraga atau melakukan sesuatu hal yang menyebabkan keringat, juga sebaiknya cucilah wajahmu.

Gunakan facial wash yang sesuai dan cocok dengan tipe wajahmu, dan lakukanlah dengan lembut agar tidak menimbulkan iritasi.

Gunakan Sunscreen dan Hindari dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari dapat meningkatkan kandungan minyak pada wajah yang bisa memunculkan jerawat. Tidak hanya jerawat, tetapi juga rentan mengalami komedo area wajah.

Baca Juga: Penyebab Keputihan Encer Seperti Air, Normalkah?

Sunscreen dapat melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari yang berlebihan, dengan kandungan minimal SPF 30. Dan juga gunakan produk yang bebas minyak dan cocok untuk tipe kulitmu.

Pola Makan yang Baik.

Kurangi makan makanan yang manis dan berminyak serta menggunakan banyak bahan pengawet. Makanan yang dapat memicu minyak pada wajah serta membangkitkan jerawat.

Rekomendasi makanan yang bagus untuk mengatasi munculnya jerawat:

  1. Gandung utuh
  2. Biji-bijian
  3. Ikan (Omega 3)
  4. Sayur dan Buah-buahan
  5. Kacang-kacangan

Meminum banyak air mineral dan asupan nutrisi yang cukup akan membantumu untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah jerawat muncul.

Bersihkan Riasan di Wajah

Setelah ber-aktivitas di luar ruangan atau dimanapun dengan memakai make up diwajah, gunakan micellar water untuk membersihkannya.

Baca Juga: Berapa Banyak Air yang Harus diminum Setiap Harinya

Hanya dengan sabun cuci muka, tidak akan dapat Benar-benar mengangkat bekas make up diwajah. Agar lebih bersih memang harus menggunakan micellar water, atau dengan sering disebut konsep double cleansing.

Mengelola Stress dengan Baik

Stres juga menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di wajah, semakin tinggi tingkatnya semakin rentan juga munculnya jerawat tersebut.

Jadi jika sedang berada pada fase yang sedang down atau stress, lakukanlah sesuatu yang membuat mood kembali naik dan dapat melupakan masalah tersebut.

Namun, jika memang tidak bisa. Segeralah untuk mencari bantuan dari seseorang professional yang dapat mengobati stres.

Gunakan Pelembap Wajah

Pelembap untuk wajah dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah terjadinya iritasi serta munculnya jerawat pada wajah.

Baca Juga: Tips Awet Muda Ala Aktris Korea, Sudah Umur 40 Tahun Masih Terlihat Seperti 20 an

Pilih produk yang sesuai dengan tipe kulitmu agar tidak memicu breakout dan membuat kulitmu semakin parah.  

Itulah beberapa cara yang dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah, semoga Teman-teman dapat mendapatkan manfaat dari tips tersebut.***

Penulis: Azura Awindya.
Editor: Fredi A.

Bagikan :

Nama

Biografi,942,Ekonomi,55,Entertainment,313,Gaya Hidup,290,Headline,112,History & Culture,56,Internasional,265,Kesehatan,59,Khazanah,50,Nasional,480,Olahraga,267,Oto & Tekno,40,Pendidikan,37,ã…¤Headline,46,
ltr
item
PemukaRakyat.com: Inilah Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat
Inilah Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat
Inilah Cara Merawat Wajah agar Terhindar dari Jerawat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgww_DJ6fz7kVgbk62qc9xjetmCUVdNz3kyWJwNpF_IkIDpNk3ja9M9c0YWrdm7H1StjgqKK1XGIVoQlGF_qbOnTBTY3fgj2erbM74Krlb5Ckqek7YI4EFT4fDC9gugj32pXb6k26q0uvlnsdHbFqdrlROn6GmddmPqAiEoGd8sIOMnIwdkx7ZVrxZI-iEl/s16000/Inilah%20Cara%20Merawat%20Wajah%20agar%20Terhindar%20dari%20Jerawat.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgww_DJ6fz7kVgbk62qc9xjetmCUVdNz3kyWJwNpF_IkIDpNk3ja9M9c0YWrdm7H1StjgqKK1XGIVoQlGF_qbOnTBTY3fgj2erbM74Krlb5Ckqek7YI4EFT4fDC9gugj32pXb6k26q0uvlnsdHbFqdrlROn6GmddmPqAiEoGd8sIOMnIwdkx7ZVrxZI-iEl/s72-c/Inilah%20Cara%20Merawat%20Wajah%20agar%20Terhindar%20dari%20Jerawat.png
PemukaRakyat.com
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/inilah-cara-merawat-wajah-agar.html
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/
https://www.pemuka-rakyat.com/2023/12/inilah-cara-merawat-wajah-agar.html
true
6153842826875328261
UTF-8
Memuat Semua Berita Tidak ditemukan berita apapun Lihat Semua Baca Lebih Banyak Balas Batal balas Hapus Oleh Halaman Utama Halaman Berita Lihat Semua Disarankan untuk Anda Kategori Arsip Cari Semua Berita Tidak ditemukan berita yang sesuai dengan permintaan Anda Kembali ke Halaman Utama Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ menit yang lalu 1 jam yang lalu $$1$$ jam yang lalu Kemarin $$1$$ hari yang lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium ini Terkunci Langkah 1: Bagikan ke Social Media Langkah 2: Tekan Link pada Social Media Anda Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua Kode Tersalin pada Papanklip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL]+[C] (atau CMD+C pada Mac) untuk menyalin Tabel Konten